web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Piala Dunia U-20, SJH Jadi Sarana Promosi Daerah

Kamis, 9 Juli 2020 19:51 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Stadion si Jalak Harupat (SJH) (vikingofficial.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Master of ceremony (MC) laga Persib Bandung Didi Mainaki menilai, ditunjuknya Stadion si Jalak Harupat (SJH) menjadi salah satu venue Piala Dunia U20 2021, memberikan efek positif bagi Indonesia. Tidak hanya pada gairah sepak bola lokal, sosok yang juga reporter senior dari Radio Republik Indonesia (RRI) itu menilai Piala Dunia U-20 2021 bisa mengerek perekonomian masyarakat.

"Ini sesuatu yang harus direspons baik karena ini jadi pijakan Indonesia untuk event-event sepak bola kelas dunia berikutnya kalau kita berhasil. Artinya banyak pelajaran karena selain sepak bola, efeknya juga saya yakin akan ke semua sektor. Ekonomi juga akan semakin bangkit, apalagi pandemi ini bisa jadi promosi yang membaik untuk Jawa Barat, untuk Bandung, untuk Indonesia kan?" kata Didi kepada Ayobandung.com, Kamis (9/7/2020).

Didi menilai Piala Dunia U-20 2021 juga menjadi sarana efektif untuk mempromosikan daerah. Secara khusus dia menyoroti potensi kopi asal Kabupaten Bandung yang saat ini sudah mendunia.

"Sepak bola bisa menjadi momentum promosi, barometer ya ini jadi ajang yang baik untuk masyarakat, untuk ekonomi masyarakatnya, pariwisata, kuliner, merchandise saya yakin terdongkrak. Untuk Kabupaten Bandung sendiri khususnya sudah banyak mendunia, contoh kopinya yang sudah sangat terkenal," kata Didi.

Menurut Didi, kehadiran para pecinta sepak bola dari belahan dunia pun bisa menjadi sarana efektif untuk lebih mempromosikan kopi asal Kabupaten Bandung tersebut.

"Mungkin akan lebih terkenal lagi ketika mereka dikunjungi oleh para penonton dari belahan dunia," ucapnya.

Dia menyarankan pemerintah daerah atau pengelola Stadion Si Jalak Harupat bisa fokus dalam perbaikan stadion. Dia juga menyarankan agar pemerintah daerah membentuk panitia kecil yang fokus melakukan persiapan. Karenanya, dia berharap semua elemen bisa ikut terlibat dalam menyukseskan event Piala Dunia U-20 di SJH tersebut.

"Karena ini mempertaruhkan nama baik. Kalau berhasil saya yakin sepak bola kelas dunia lainnya mungkin akan digelar di Indonesia, tapi kalau tidak berhasil ya mungkin kebalikannya. Saya pikir ini pertaruhan besar buat Indonesia," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers