web analytics
  
Banner Kemerdekaan

SJH Host Piala Dunia U-20, Momentum Kebangkitan Sepak Bola Tanah Air

Kamis, 9 Juli 2020 19:24 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Stadion Si Jalak Harupat (Anggun)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Master of ceremony (MC) laga Persib Bandung Didi Mainaki ikut bangga stadion Si Jalak Harupat ditunjuk menjadi salah satu Host Piala Dunia U-20 2021. Pria yang juga reporter senior dari Radio Republik Indonesia (RRI) itu menilai Piala Dunia U-20 2021 bisa menjadi momentum kebangkitan sepak bola Tanah Air.

"Kalau saya bangga, senang ya Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat ditunjuk. Kalau jadi mudah-mudahan ya, ini harus direspons baik oleh semuanya. Untuk bobotoh terutama juga bisa menjadi ajang untuk memperlihatkan diri kalau bobotoh Persib itu selain fanatik juga bobotoh yang baik, cinta damai, bisa menonton dengan tertib, dengan baik," kata Didi kepada Ayobandung.com, Kamis (9/7/2020).

Didi yang sudah mengikuti perjalanan Persib Bandung ke hampir semua stadion yang ada di Indonesia itu mengajak suporter setia skuat Pangeran Biru itu untuk ikut meramaikan stadion SJH pada waktunya. Didi menilai, akan banyak nilai positif yang bisa dipetik suporter saat Indonesia dan Stadion SJH menjadi venue Piala Dunia U20 2021.

"Kalau biasanya stadion SJH dipenuhi bobotoh ketika menyaksikan Persib, tidak ada salahnya kalau nanti ketika Piala Dunia mereka juga datang memberikan dukungan, menonton walaupun bukan tim kita," ucapnya.

Didi menilai, digelarnya Piala Dunia U20 di Indonesia salah satunya di stadion SJH, publik sepak bola Tanah Air tidak hanya mendapat tontonan bermutu saja. Tapi juga bisa belajar dan mengadopsi skill serta atittude para pemain sepak bola kelas dunia tersebut.

"Pasti akan ada banyak pelajaran di sana. Skill pemainnya, attitudenya. Yang penting attitudenya. Kalau skill saya pikir mungkin bisa dicari tapi kalau attitude itu yang bisa kita ambil pelajaran dari para pemain kelas dunia. Betapa mereka menghargai sportivitas, respek kepada semua, bukan hanya ke pemain tapi kepada aturan sepak bola itu sendiri," katanya.

Tak kalah penting Didi menilai, Piala Dunia U20 2021 bisa menyatukan semua orang dari seluruh dunia. Terlepas apapun agama, latar belakang, warna kulit, dan suku.

"Bobotoh juga bisa ambil kesimpulan. Mungkin nanti akan datang dari suporter yang lain walau tidak akan sebanyak Piala Dunia yang senior, tapi juga ada pendukung dari negara lain. Dan itu juga bisa kita lihat, bisa jadi contoh juga, karena mereka datang murni untuk hiburan untuk memberikan dukungan bagi timnya, tidak yang lain-lain," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers