web analytics
  
Banner Kemerdekaan

3 Cara Membersihkan Lubang Headphone/Earphone

Kamis, 9 Juli 2020 11:21 WIB M. Naufal Hafizh

Ilustrasi. (Pixabay/William Iven)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Jika merasa headphone/earphone Anda rusak atau kualitasnya berkurang, jangan dulu membuangnya. Bisa jadi hal tersebut karena lubang earphone di gawai Anda kotor dan perlu dibersihkan.

Lubang earphone pada gawai adalah celah yang terbuka. Debu dan partikel kecil bisa masuk dan tinggal di sana. Akibatnya, kualitas suara yang keluar dari headphone/earphone tidak maksimal.

Karena itu, Anda bisa membersihkan lubang earphone dengan berbagai cara berikut.

1. Menggunakan Air Can

earphone.jpg" />
Air can untuk membersihkan alat elektronik. (Istockphoto.com/Dterick)

Alat ini berfungsi untuk membersihkan alat-alat elektronik. Udara yang disemprotkan dari alat ini dapat membantu mengeluarkan debu di lubang earphone.

2. Menggunakan kapas pentul atau cotton buds.

Kapas pentul atau cotton buds. (Pixabay.com/byrev)

Cara ini terbilang sederhana namun harus dilakukan dengan hati-hati. Anda dapat memasukkan ujung kapas pentul kering ke lubang earphone Anda dan membersihkan debu-debu di dalamnya. Lakukan dengan lembut dan perlahan agar tidak merusak perangkat elektronik Anda.

3. Menggunakan klip kertas dan selotip

earphone.png" />
Alat untuk membersihkan dari klip kertas dan selotip. (bbc.com)

Jika Anda tidak memiliki dua alat sebelumnya, cara ini bisa menjadi pilihan Anda. Pertama, luruskan klip kertas. Lalu balut klip kertas dengan selotip. Bagian selotip yang menempel di luar, bukan menempel pada klip kertasnya sehingga saat dimasukkan ke lubang earphone kotoran dapat melekat pada selotip. Masukkan ujung klip kertas yang sudah diberikan selotip dan bersihkan dengan hati-hati. (Putri Shaina)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers