web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Polisi Tangkap Tersangka Pembuat Video Viral Buser Tembak Penjahat di Rancaekek

Kamis, 9 Juli 2020 14:48 WIB Mildan Abdalloh

Polisi Tangkap Tersangka Pembuat Video Viral Buser Tembak Penjahat di Rancaekek (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Seorang warga Kota Cirebon berinisial IA diamankan polisi karena melakukan penyebaran konten video bohong di sosial media. Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, penangkapan IA bermula dari adanya video viral beberapa waktu lalu.

Video tersebut bernarasi ucapan terima kasih kepada kepolisian yang telah menangkap  dan menembak pelaku perampok dan pembacok sopir di rancaekek. Di dalam video ditampilkan tayangan prosesi penangkapan seseorang secara tidak manusiawi.

"Faktanya video tersebut bukan terjadi di Rancaekek seperti yang disebutkan. Kami juga menelusuri dan mencari informasi kepada beberapa Polres, tidak ada kegiatan seperti yang ditayangkan dalam video tersebut," tutur Hendra, Kamis (9/7/2020).

Dengan menyebut nama kepolisian yang dalam narasi video disebut buser, polisi kemudian melakukan penyelidikan. Diketahui, penyebar video tersebut adalah IA warga Cirebon.

"Tersangka diamankan tadi malam di Cirebon Kota," ucapnya.

Berdasarkan hasil penelusuran kata Hendra, video tersebut diambil IA dari facebook mata dunia. Tersangka kemudian melakukan pengeditan dan memberi narasi buser menangkap pelaku perampokan dan pembacokan sopir truk di Rancaekek. Setelah diedit, tersangka mengupload di akun youtube harian viral miliknya.

"Faktanya, video tersebut bukan di Rancaekek, tapi di meksiko," ujarnya.

Akibat video dan narasi yang dibuat IA, banyak akun sosial media yang turut memviralkan gambar tersebut.

"Tersangka kami kenakan pasal 15 KUHPidana dengan ancaman dua tahun penjara," tutupnya.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers