web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Ayo Coba Resep Es Gabus Warna-warni di Rumah

Kamis, 9 Juli 2020 14:29 WIB

Ilustrasi es gabus pelangi warna-warni. (Instagram/@daviana76)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Generasi 1990-an, tentu tidak asing lagi dengan jajanan jadul es gabus warna warni. Berwarna cerah bak pelangi, dingin dan memiliki cita rasa manis yang lezat, tak heran jika banyak orang ketagihan dengan jajajan jadul ini.

Bagi kalian yang kesulitan mencari es gabus ini, Anda bisa mencoba membuatnya di rumah lho! Penasaran seperti apa cara membuat es gabus ini? Kalau begitu, yuk intip resep lengkap es gabus yang berhasil dirangkum Suara.com dari laman Cookpad berikut ini!

Bahan membuat es gabus
- 2 bungkus tepung hunkwe putih @95 gram
- 400 gram gula pasir
- 600 ml santan
- 600 ml susu cair
- 1/4 sendok teh garam
- Pewarna makanan merah, kuning, hijau

Cara membuat es gabus
1. Pertama-tama, campurkan tepung hunkwe, gula pasir, susu, santan dan garam ke dalam mangkok besar. Setelah itu aduk menggunakan sendok sampai merata.
2. Berikutnya, pilah adonan menjadi 3 bagian sama rata, kemudian berikan pewarna makanan. Merek dan warna bisa kalian pilih sesuai selera ya, masing-masing mangkok 4 tetes pewarna.
3. Masak adonan berwarna merah menggunakan api kecil, aduk sampai matang kemudian setelah itu pindahkan ke dalam cetakan. Tuang adonan ke dalam cetakan yang sudah dialasi menggunakan plastik tebal, kemudian ratakan.
4. Sesudah adonan berwarna merah dituang ke dalam loyang, masak adonan kuning hingga matang. Tuang kembali warna kuning diatas adonan merah, lalu sisihkan.
5. Terakhir, masak adonan berwarna hijau, setelah matang tuas ke atas adonan kuning. Biarkan adonan es gabus menjadi padat di suhu ruangan. Setelah dirasa teksturnya menjadi padat, masukan es gabus ke dalam kulkas.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers