web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Tip Pakai Skin Care dan Make-Up Saat Mengenakan Masker

Kamis, 9 Juli 2020 13:28 WIB M. Naufal Hafizh

Merawat dan merias wajah untuk tampil cemerlang meski memakai masker. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM Masker—yang menutupi hidung dan mulut—digunakan untuk menghindari penyebaran virus corona. Namun, pemakaian yang terus-menerus dapat membuat kulit menjadi kering bahkan iritasi.

Berikut sejumlah tip yang diberikan pakar saat melakukan skin care dan make-up untuk tetap tampil cemerlang meski wajah tertutup masker.

Pertama, mengatur ulang rutinitas perawatan wajah. "Menghindari krim bertekstur kental, scrub dan exfoliant yang berat,” uja Dr Chaneve Jeanniton dari Brooklyn Face and Eye. Sebagai gantinya, gunakan pembersih yang lembut, pelembap toner, pelembap serum atau gel ringan, dan tabir surya.

Prioritaskan bahan-bahan yang menenangkan kulit, seperti asam hialuronat, lidah buaya, dan niacinamide. Pastikan untuk menunggu 5 menit setelah aplikasi sebelum mengenakan masker agar produk dapat meresap ke dalam kulit.

Kedua, Dr Jeanniton menekankan pentingnya membersihkan kulit secara lembut untuk menghilangkan keringat dan kotoran yang terperangkap setelah melepas masker.

Akibat memakai masker, munculnya jerawat merupakan suatu yang tak bisa dihindari. Dia menyarankan benzoil peroksida untuk mengatasinya. Selain itu, untuk menangani kulit yang kemerahan atau bengkak dapat menggunakan es batu yang dioleskan langsung pada kulit.

Kebanyakan masyarakat Indonesia mengenakan masker kain, maka yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah cuci masker secara teratur. Adapun baiknya mencuci dengan air panas dan deterjen bebas pewangi. Mengingat wewangian dalam kain dapat menjadi penyebab iritasi wajah.

Memilih jenis masker juga menjadi hal yang signifikan. Masker yang lembut akan memudahkan gesekan dengan kulit, menghindari peradangan, dan pembentukan jerawat.

Untuk make-up, sangat disarankan untuk merias wajah dengan hati-hati. Jika tidak, make-up dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Penata rias Cyndle Komarovski mengatakan, jika harus menggunakan foundation atau alas bedak, gunakan formula yang ringan dan aplikasikan pada area yang terbuka seperti dahi dan area sekitar mata. Untuk menjaga kelembaban bibir dapat menggunakan lip balm yang tidak meninggalkan bekas lengket.

Mengenakan masker juga membuat fokus beralih pada bagian atas wajah. Komarovski merekomendasikan untuk memberi sentuhan khusus di mata, alis, dan bulu mata dengan sapuan make-up berani.

“Sekarang kita tidak dapat melihat ekspresi atau senyuman satu sama lain, ini adalah waktu yang tepat untuk mengekspresi diri secara kreatif dan bersenang-senang,” tuturnya. (Ventriana Berlyanti)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers