web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Jalani Sidang Perdana, Kuasa Hukum Habib Bahar Diminta Lengkapi Berkas

Kamis, 9 Juli 2020 13:14 WIB Fichri Hakiim

Kuasa hukum Habib Bahar, Ichwan Tuankotta (Ayobandung.com/Fichri Hakiim)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Tim kuasa hukum Habib Bahar bin Smith menjalani sidang perdana di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jawa Barat, Bandung, Kamis (9/7/2020).

Sidang tertutup ini hanya dihadiri oleh pengacara, pihak penggugat, dan pihak tergugat. Kuasa hukum Habib Bahar, Ichwan Tuankotta, mengatakan sidang kali ini hanya berkaitan dengan pemeriksaan berkas dan administrasi.

"Nanti kita kembali lagi pada sidang tanggal 20 Juli 2020. Kita diberi waktu 10 hari untuk melengkapi berkas-berkas yang dikoreksi oleh hakim," ujar Ichwan di PTUN Jawa Barat.

Ichwan menambahkan, ucapan yang diuraikan oleh Habib adalah hal yang wajar. 

"Padahal Habib tidak melakukan provokasi dalam acara tersebut. Habib hanya menyampaikan kritik kepada pemerintah tentang PSBB. Habib berpesan kepada saya untuk selalu berjuang, melawan kezoliman dan pantang menyerah," jelas Ichwan.

Sebelumnya, tim kuasa hukum Habib Bahar bin Smith menggugat Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Bogor. Gugatan tersebut telah dilayangkan pada hari Selasa (30/6/2020) di PTUN Bandung. 

Tim kuasa hukum Habib Bahar melalukan gugatan pembatalan keputusan Bapas yang mencabut asimilasi Habib Bahar. Habib Bahar meminta agar surat pencabutan asimilasi terhadap dirinya dibatalkan oleh hakim.
 
Sementara itu, Habib Bahar bin Smith sempat dibebaskan dari lapas usai mendapatkan asimilasi di saat Pandemi Covid-19 ini. Namun, ia kembali ditahan setelah dinilai melanggar ketentuan selama asimilasi.

Habib diamankan kembali pada hari Selasa (19/5/2020) dini hari di Pondok Pesantren Tajul Alawin, Kabupaten Bogor. Ia dinilai melakukan pelanggaran yang menimbulkan keresahan di masyarakat.

Saat itu, Habib Bahar hadir dalam suatu acara dan memberikan ceramah. Kemudian video ceramahnya menjadi viral, di mana saat itu Kota Bogor sedang melaksanakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). 

"Habib pun tidak mengundang masyarakat untuk hadir, namun massa datang dengan sendirinya," tutup Ichwan.

 

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers