web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Dokter di Yordania Penuhi Kliniknya dengan Tanaman

Kamis, 9 Juli 2020 13:07 WIB M. Naufal Hafizh

Kondisi klinik dokter Nizar Al-Halaby di Yordania yang penuh tanaman. (Reuters)

AYOBANDUNG.COM -- Klinik atau rumah sakit biasanya identik dan dominan dengan warna putih. Namun, ada yang unik di Yordania. Seorang dokter bernama Nizar Al-Halaby menyulap kliniknya menjadi kebun dalam ruangan. Ada lebih dari 3000 tanaman di tempat praktiknya yang kecil di kota Amman, ibu kota Yordania.

“Orang-orang yang belajar psikologi tahu tanaman itu menenangkan. Seperti musik klasik menenangkan seseorang, tanaman juga demikian. Lebih baik melihat sesuatu yang cantik dibandingkan tidak melihat apapun,” tutur dokter Nizar Al-Halaby, dikutip dari Reuters.

Berbagai jenis tanaman menghiasi klinik dokter Nizar, salah satunya tanaman kaktus. Nizar telah menanam tanaman-tanaman itu sejak 35 tahun lalu. Pasien-pasiennya juga tampak menyukai hal tersebut.

Salah satu pasiennya, Mohammad Abu Zainah, mengaku sudah berobat pada dokter Nizar sejak 20 tahun lalu.

“Saya telah datang ke sini sejak saya masih kecil. Saya terbiasa bermain dengan tanaman-tanaman ini bahkan mencoba untuk membawa pulang (tanamannya),” ucap Abu Zainah.

Dilansir dari Nbcnews.com, tanaman di dalam ruangan menyenangkan untuk dipandang juga memberi efek baik terhadap kesehatan. Tanaman dapat menyerap karbon dioksida yang kita keluarkan saat bernapas dan memproduksi oksigen. Menurut penelitian oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA), tanaman dapat melenyapkan hingga 87% racun di udara dalam 24 jam.

Marc Hachadourian, seorang hortikulturis dari New York Botanical Garden juga menyatakan, tanaman memberikan manfaat secara fisik dan mental bagi seseorang. “Ada banyak penelitian saintifik yang menyebutkan tanaman di tempat kerja dan tempat tinggal bisa membantu menurunkan tingkat stress,” ujar Hachadouria.

Beberapa tanaman yang bagus untuk udara di dalam ruangan diantaranya adalah sirih gading, bunga peace lily, pakis boston, spider plant, lidah buaya, dan bamboo. (Putri Shaina Madani R)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers