web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Bersepeda Bisa Hindarkan Seseorang dari Osteoporosis?

Kamis, 9 Juli 2020 06:05 WIB

Sejumlah pesepeda memadati Dago, Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung, Minggun (7/5/2020). Meski pandemi Covid-19 mengakibatkan aktivitas Car Free Day (CFD) dihilangkan sementara, namun Dago tetap menjadi sentral bagi pesepeda yang hendak berolahraga. (Ayobandung.com/Kavin Faza) (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Dr dr Tirza Z Tamin SpKFR(K) menganjurkan masyarakat untuk latihan rutin agar terhindar dari Osteoporosis. Salah satunya bersepeda.

"Biasanya osteoporosis ini karena penurunan kepadatan tulang akibat kerusakan arsitektur tulang," kata dokter spesialis rehabilitasi medik ini.

Tirza mengatakan, osteoporosis jamak melanda orang yang kurus. Untuk menghindari terkena osteoporosis, dia menganjurkan masyarakat untuk hidup aktif dengan banyak melakukan latihan-latihan ringan.

Bagi mereka yang telah berusia 50 tahun, Tirza tidak menganjurkan olahraga yang memberikan dampak besar, seperti lari. Latihan yang tepat ialah olahraga minim dampak, seperti bersepeda atau berenang.

"Kedua olahraga ini sangat aman dilakukan oleh orang tua dan bisa mendorong tulang menjadi lebih kuat," ujarnya.

Selain itu, coba juga latihan perengangan yang berfokus pada bagian belakang. Tulang belakang merupakan bagian yang kerap dirundung osteoporosis, sehingga dengan latihan yang memfokuskan pada bagian itu akan membuat postur tubuh tetap tegak.

"Biasanya pengidap osteoporosis posturnya bungkuk, jadi terlihat lebih pendek. Kemudian sering terasa nyeri pada bagian belakangnya pula," kata dokter di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, ini.

Saran lain yang bisa dilakukan, menurut Tirza, ialah berjemur sekitar 10 hingga 15 menit di bawah sinar matahari pada pukul 07.00 WIB hingga 08.00 WIB. Cara ini akan memperlancar sirkulasi tubuh dan membuat tulang lebih kuat.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers