web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Kim Jeffrey: Kesiapan Mental Jadi Kunci Berlaga Tanpa Suporter

Rabu, 8 Juli 2020 19:27 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan (Eneng Reni)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Gelandang Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan enggan mengulang pengalaman pahit yang dialami timnya pada musim 2018. Di musim itu, Persib mendapatkan sanksi dari PSSI untuk menjalani laga usiran di luar pulau Jawa tanpa kehadiran penonton.

Meski situasi kali ini berbeda, Kim menyadari pandemi Covid-19 kembali membuat timnya merasakan hal serupa. Musim ini, skuat Maung Bandung harus berlaga tanpa kehadiran suporter di lanjutan Liga 1 2020. Langkah ini terpaksa diambil PSSI untuk menghindari penyebaran covid-19 selama kompetisi.

"Ya perasaan kan udah sering kan. Kita kan sudah pernah ke Bali (setengah musim menjalani laga kandang usiran) tanpa suporter. Jadi situasi ini berubah karena adanya virus ini, keadaannya (tanpa penonton) pernah kita alami," kata Kim, Rabu (8/7/2020).

Gelandang bernomor punggung 23 itu menyebut, kesiapan mental menjadi kunci tim selama berlaga di tengah pandemi Covid-19. Kim ingin pengalaman pahit di Liga 1 2018 menjadi pelajaran bagi timnya. Dia  enggan melihat timnya terseok-seok di lanjutan kompetisi seperti musim 2018.

"Hal seperti ini sebenarnya mental saja. Mungkin di zaman Mario Gomez bermain tanpa suporter kita tahu hasilnya tidak baik lah," ucap Kim.

Gelandang berusia 30 tahun itu juga bertekad tak akan mengulangi kenangan pahit saat timnya babak belur di musim 2018. Kim memastikan, timnya akan tampil maksimal dalam lanjutan Liga 1 meski tanpa dukungan langsung suporter.

"Tapi kita membuktikan juga kalau kita bisa walaupun tanpa suporter. Kita bisa meraih kemenangan. Jadi kalau siap mental, saya yakin kita bisa lakukan hal (kemenangan) yang kemarin juga," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers