web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Prediksi Bupati Bandung: Partisipasi Masyarakat di Pilkada Turun 20 Persen

Rabu, 8 Juli 2020 20:28 WIB Mildan Abdalloh

Pemungutan Suara. (Irfan Al-Faritsi)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Bandung Dadang M Naser memprediksi akan ada penurunan angka partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Kabupaten Bandung 2020.

Ada beberapa alasan yang membuat angka partisipasi masyarakat akan menurun dalam Pilkada 2020 pada desember nanti.

"Kemarin waktu Pileg, para caleg banyak yang bergerak, sekarang paling ada 3 pasangan calon bupati," tutur Dadang, Rabu (8/7/2020).

Dengan hanya ada kurang dari 5 pasangan calob bupati dan wakil bupati yang akan bertarung dalam Pilkada Kabupaten Bandung, maka sosialisasi dari peserta pilkada juga tidak akan terlalu masaif.

Selain itu, adanya pandemi covid-19 membuat sosialisasi menjadi terbatas, terlebih dalam masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) banyak hal yang dibatasi, baik sosialisasi tatap muka, sampai kerumunan orang dalam satu tempat.

"Saya rasa akan ada pengurangan partisipasi sebanyak 20%. Tapi kami upayakan bisa kurang penurunannya," katanya.

Untuk menjaga agar partisipasi masyarakat tidak anjlok, Dadang mengatakan seluruh aparat kewilayahan mulai dari kecamatan sampai tingkat RT akan bergerak melakukan sosilasisasi.

"Kami akan bantu KPU untuk melakukan sosialisasi. Partai politik juga diharapkan menggencarkan sosilasiasais karena ini juga hajatnyan partai politik," katanya.

Dalam Pileg 2019, angka partisipasi Kabupaten Bandung hanya 63%, KPU sendiri menargetkan kenaikan angka partisipasi bisa diangka 77,5% dalam Pilkada 2020.
 

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers