web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Hindari Kebusukan, Telur di Bansos Tahap II Diganti Susu UHT

Rabu, 8 Juli 2020 17:34 WIB Nur Khansa Ranawati

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Humas Pemprov Jabar)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mulai membagikan bantuan sosial tahap II bagi warga terdampak Covid-19 pada Kamis (9/7/2020). Pembagian bantuan tersebut akan dipercepat dan ditargetkan selesai dalam dua minggu ke depan.

Asisten Administrasi Setda Provinsi Jawa Barat Dudi Sudrajat Abdurachim menuturkan, saat ini paket sembako yang akan disebar mencapai 1.306.247. Paket tersebut akan dibagikan bagi warga terdampak non-DTKS.

"Pembagian ini akan lebih cepat dibandingkan tahap pertama yang baru selesai dalam 65 hari karena adanya pendataan yang kurang valid," ungkap Dudi dalam konferensi pers di gudang Bulog Jabar, Kota Bandung, Rabu (8/7/2020).

Dalam bansos tahap kedua ini, ia memastikan akan mengganti produk telur menjadi susu. Selain itu akan ada pula tambahan masker sebanyak lima buah per paket.

"Untuk komoditas kita sudah pastikan ada yang diubah, yang tadinya telur menjadi susu UHT 1 liter yang bisa tahan 8 sampai 9 bulan," ungkapnya.

Sebelumnya, dalam pembagian bansos tahap pertama, masalah pendataan penerima bantuan kerap menjadi masalah di lapangan. Sehingga, banyak paket bantuan yang akhirnya dikembalikan ataupun ada penerima yang mendapat paket ganda.

Dari total  1,788 juta keluarga penerima bansos tahap pertama, terdapat 62.735 paket yang dikembalikan.

"Berkaca dari tahap pertama kita akan klarifikasi lagi data yang ada. Sehingga yang menerima memang tepat dan waktu penyaluran pun bisa 14 hari," ungkap Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jabar Mochammad Arifin dalam kesempatan yang sama. 

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers