web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Keunikan Eureun Moyan, Kampung Tukang Cukur di Tasikmalaya

Rabu, 8 Juli 2020 15:26 WIB Irpan Wahab Muslim

Tukang Cukur (Ayotasik.com/Irpan Wahab)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Selain berasal dari kampung Parawan Desa Lengkongjaya, pemangkas rambut juga banyak berasal dari kampung Eureun Moyan, Desa Sukamanah, Kecamatan Cigalontang. Tidak heran, Kecamatan Cigalontang akhirnya dikenal sebagai wilayah tukang pangkas rambut.

Bukan hanya di Tasikmalaya, pemangkas rambut yang berasal dari dua kampung dan dua desa di Kecamatan Cigalontang itu membuka usaha jasa pangkas rambut di kota besar di Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Ketua Ikatan Pemuda Pemudi Eureun Moyan Neglasari (Ippen) Desa Sukamanah Senip Apniandi mengakui, banyak warga dari kampungnya yang membuka usaha jasa pangkas rambut. Mereka tersebar bukan hanya di wilayah Tasikmalaya namun juga kota besar di Jawa Barat dan Jakarta.

"Keanggotaan Ippen saja itu, 80% pemangkas rambut. Mereka bekerja dan usaha kebanyakan di luar kota, " kata Senip, Rabu (8/7/2020).

Mereka yang terjun berusaha dan bekerja menjadi pemangkas rambut, kata Senip, mempunyai keahlian turun temurun. Sejak keluar bangku SMP, mereka sudah mendapatkan keahlian pangkas rambut yang diwariskan oleh orang tua mereka.

"Keahliannya itu, turun temurun. Jadi dari ayahnya, keahlian diwariskan kepada anaknya. Disini anak umur SMP sudah mahir pengkas rambut," ucap Senip.

Senip pun berencana akan membuka barbershop sebagai tempat usaha dan pengembangan kreatifitas pemuda di kampungnya yang ingin serius dalam usaha jasa pangkas rambut. Selain sebagai tempat usaha, barbershop itu juga bisa dijadikan tempat pemberdayaan.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers