web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Kenali Diet Ayurvedic yang Fokus pada Keseimbangan Energi Tubuh

Rabu, 8 Juli 2020 14:49 WIB Administrator

Diet Ayurvedic dianggap ideal karena caranya ‘mempromosikan’ hubungan baik dengan makanan. (rishikeshayurved.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Sedang mencari diet yang tepat untuk tubuhmu? Mungkin diet ini bisa jadi jawabannya!

Diet Ayurvedic adalah salah satu diet makanan yang fokus pada suatu ilmu pengetahuan yang berakar pada tahun-tahun terdahulu. Diet yang berbasis ilmu holistik ini sudah hadir di kehidupan manusia beribu-ribu tahun lamanya dan efektivitasnya terbukti hingga kini.

Dalam Ayurvedic, ada 5 elemen yang membentuk semesta: vayu (udara), jala (air), akash (ruang), teja (api), dan prithvi (bumi).

Elemen-elemen tersebut dipercaya membentuk tiga dosha (energi tubuh) berbeda: pitta dosha untuk rasa lapar, haus, dan suhu tubuh; vata dosha untuk keseimbangan elektrolit tubuh; kapha dosha untuk  fungsi sendi. Pola diet Ayurvedic yang diambil bergantung pada dosha tubuhmu.

1. Pitta (api + air) memiliki karakteristik cerdas, bekerja keras, dan pandai mengambil keputusan. Biasanya bertubuh ukuran sedang, bersumbu pendek, dan kerap menderita kondisi seperti masalah pencernaan, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Makanan yang harus dikonsumsi adalah sedikit daging unggas, putih telur, tofu, susu, mentega, buah matang yang manis, sayuran manis dan pahit (seperti kol dan mentimun), lentil, kacang hijau, kacang lima, kacang hitam, nasi basmati, jelai, oat, gandum, biji labu, kuaci, kelapa, jinten, merica, kayu manis, dan ketumbar.

2. Vata (udara + air) memiliki karakteristik kreatif, enerjik, ceria. Biasanya kurus dan sering menderita kondisi pencernaan, kelelahan, dan rasa gelisah saat kondisi hidupnya sedang tidak seimbang.

Makanan yang harus dimakan adalah sedikit daging unggas, seafood, tofu, susu, mentega, yogurt, keju, buah besar yang matang dan manis (seperti pisang dan stroberi), sayuran matang dimasak, jinten, kacang hijau, oat matang dimasak, nasi, semua jenis kacang, jahe, ketumbar, oregano, dan merica.

3. Kapha (bumi + air) memiliki karakteristik senang dan setia. Memiliki fisik kuat dan menderita penambahan berat badan, asma, depresi, serta diabetes.

Makanan yang harus dimakan adalah daging unggas dalam jumlah sedikit, seafood, putih telur, susu skim, susu kambing, susu kedelai, apel, blueberry, pir, delima, ceri, buah yang dikeringkan, asparagus, sayur hijau berdaun, bawang merah, kentang, jamur, lobak, semua legume, oat, gandum hitam, jelai, jagung, sedikit biji labu, sedikit kuaci, dan semua rempah-rempah.

Diet ini mempromosikan konsumsi "whole foods" atau makanan tumbuh-tumbuhan yang tidak diproses seperti buah, sayur, biji-bijian, dan polong-polongan. Makanan-makanan itu dapat mendukung kesehatan juga penurunan berat badan.

Diet Ayurvedic juga mengadvokasikan pola makan yang tidak sembarangan sehingga bisa menjadi cara yang baik untuk membangun hubungan sehat dengan makanan. Hubungan sehat dengan makanan dapat membantu eating disorder.

Selamat mencoba! (Farah Tifa Aghnia)

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers