web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Bansos Provinsi Jabar Tahap II akan Disalurkan Besok

Rabu, 8 Juli 2020 11:46 WIB

Ilustrasi (Istimewa)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Bantuan sosial (bansos) provinsi Jawa Barat (Jabar) tahap II akan mulai disalurkan pada Kamis (9/7). Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jabar Dodo Suhendar, prinsip kehati-hatian diperlukan agar data penerima bansos tahap II lebih akurat. 

"KPK mengapresiasi Pemprov Jabar dalam menetapkan data ini karena sangat hati-hati. Dalam arti menghindari penerima ganda, dan yang tidak tepat sasaran. KPK juga berharap kabupaten/kota di Jabar bisa seperti ini dalam sistem penyaringan data," ujar Dodo di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa malam (7/7/2020).

Menurut Dodo, terdapat 27 tahap cleansing data penerima bansos provinsi mulai dari menyinkronkan kode kabupaten/kota, memastikan NIK valid, memeriksa pekerjaan, sampai mengecek nama dan alamat penerima bansos. Banyaknya tahapan cleansing data membuat data penerima bansos semakin akurat.

Pemerintah Provinsi Jabar pun, kata dia, berkolaborasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk memadankan data penerima bansos, baik data Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun KRTS non DTKS.

"Data penerima bansos tahap II sudah sesuai administrasi, tidak menerima lebih dari satu bantuan, dan KRTS yang sudah menerima tahap I," katanya.

Saat ini, kata dia, data Pemprov Jabar lebih akurat. Bansos provinsi senilai Rp500 ribu merupakan salah satu dari delapan pintu bantuan bagi warga terdampak pandemi. Selain bansos provinsi, ada Kartu PKH, Kartu Sembako, bansos presiden untuk perantau di Jabodetabek, Dana Desa, Kartu Prakerja, bantuan tunai Kementerian Sosial, dan bansos kabupaten/kota.

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers