web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Ini Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Zulhijah

Rabu, 8 Juli 2020 06:36 WIB

Ilustrasi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM Bulan Zulhijah memiliki sejumlah keistimewaan.

Ustaz Muhammad Ajib dalam buku Fikih Kurban Perspektif Mazhab Syafi'i terbitan Rumah Fiqih Publishing menjelaskan keistimewaan bulan Zulhijah. Di antara keistimewaannya disebutkan 10 hari pertama pada bulan itu dijadikan salah satu media bersumpah oleh Allah SWT.

"Dan kita tahu ketika ada salah satu makhluk-Nya yang dijadikan sumpah dalam ayat Al-qur’an, maka hal itu tidaklah menunjukkan kecuali keistimewaan yang sangat luar biasa yang dimiliki oleh makhluk terpilih tersebut," kata Ustaz Ajib dalam bukunya.

Ustaz Ajib mengatakan, ketika 10 hari yang dibahas ini ternyata menjadi salah satu media sumpah tersebut, maka sedikit tergambar dalam benak betapa luar biasanya 10 hari tersebut. Ayat yang dimaksud adalah ayat kedua dari Surah Al Fajr.

"Dan demi malam-malam yang sepuluh," (QS. Al Fajr: 2)

Imam Ibnu Katsir seorang pakar ahli tafsir mengatakan, ayat kedua Surah Al Fajr adalah sepuluh pertama dari bulan Zulhijah. Hal ini sebagaimana telah dikatakan oleh Ibnu Abbas, Ibnu Zubair, Mujahid, dan selain mereka baik dari kalangan salaf maupun khalaf.

Selain keistimewaan itu, ditemukan dalam sebuah riwayat hadis yang menjelaskan amal saleh yang dilakukan pada 10 hari pertama di bulan Zulhijah termasuk amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Hadis tersebut adalah riwayat Imam Bukhari dari Sayyidina Abdullah Ibn Abbas.

"Rasulullah SAW bersabda, tidaklah ada hari-hari yang amal shalih di dalamnya lebih Allah cintai dari hari-hari ini (maksudnya sepuluh hari pertama bulan Zulhijah).

Para shahabat bertanya, termasuk jihad fi sabilillah?

Rasulullah bersabda, termasuk jihad fi sabilillah. "Kecuali seseorang yang keluar berjihad dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak ada yang kembali sama sekali." (HR Bukhari).

Ustaz Ajib mengatakan, hadis ini menunjukkan tentang satu kesempatan emas bahwa amal saleh apa pun yang dilakukan akan bernilai istimewa di hadapan Allah SWT dan akan sangat disukai oleh Allah SWT. Yang penting syaratnya adalah amal saleh itu harus dilakukan di 10 hari pertama bulan Zulhijah.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers