web analytics
  

5 Jenis Teh untuk Penderita Diabetes

Rabu, 8 Juli 2020 05:05 WIB

Teh (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penelitian telah menunjukkan bahwa teh tertentu memiliki sifat anti-inflamasi, penurun gula darah, dan peka terhadap insulin, sehingga menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk manajemen diabetes. Beberapa varietas teh mengandung senyawa tanaman yang melawan kerusakan sel dan mengurangi peradangan dan kadar gula darah.

Hal ini membuat teh menjadi pilihan yang cocok untuk penderita diabetes. Melansir laman health, Selasa (7/7), berikut beberapa pilihan terbaik untuk penderita diabetes.

1. Teh hijau
Minum teh hijau dapat membantu mengurangi kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan mengoptimalkan kontrol gula darah. Beberapa senyawa dalam teh hijau, termasuk epigallocatechin gallate (EGCG), telah terbukti merangsang penyerapan glukosa ke dalam sel-sel otot rangka, sehingga mengurangi kadar gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hijau dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena diabetes. Umumnya, peneliti menyarankan minum 3-4 cangkir teh hijau per hari untuk menuai manfaat yang disebutkan di atas.

2. Teh hitam
Sebuah menunjukkan bahwa asupan teh hitam mengganggu penyerapan karbohidrat dengan menekan enzim tertentu. Hal ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Seperti halnya dengan teh hijau, penelitian tentang teh hitam umumnya merekomendasikan minum 3-4 cangkir per hari untuk menuai manfaat penting.

3. Teh kembang sepatu
Teh kembang sepatu juga dikenal sebagai teh asam yang terbuat dari kelopak tanaman Hibiscus sabdariffa. Kelopak kembang sepatu mengandung berbagai antioksidan polifenol yang bermanfaat, termasuk asam organik dan anthocyanin, yang membuat teh kembang sepatu warnanya cerah seperti kembang sepatu.

Mengkonsumsi teh kembang sepatu telah terbukti memiliki banyak efek menguntungkan bagi kesehatan, mulai dari menurunkan tingkat tekanan darah hingga mengurangi peradangan. Minum teh kembang sepatu dapat membantu penderita diabetes mengendalikan tekanan darah mereka.

4. Teh kayu manis
Kayu manis adalah rempah-rempah populer yang telah melaporkan sifat antidiabetes. Banyak orang mengambil suplemen kayu manis pekat untuk membantu mengurangi kadar gula darah mereka.

Ada beberapa mekanisme dimana kayu manis dapat membantu mengurangi kadar gula darah, termasuk memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah. Kayu manis juga meningkatkan penyerapan glukosa seluler, dan meningkatkan sensitivitas insulin

5. Teh kunyit
Kunyit adalah rempah-rempah oranye yang hidup yang terkenal karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya yang kuat. Curcumin, komponen aktif utama dalam kunyit, telah dipelajari untuk sifat penurun gula darahnya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers