web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Kesulitan Menelan Tanda Terjangkit Kanker Paru-Paru?

Rabu, 8 Juli 2020 03:36 WIB

Ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah hal bisa menjadi tanda seseorang terjangkit kanker paru-paru.

Kanker paru-paru termasuk masalah kesehatan umum yang mematikan bila tak ditangani segera. Penyakit ini cenderung menyerang orang lebih tua dan faktor risiko lain yang memengaruhi.

Hal itu karena banyak penderita kerap tidak menyadari gejala kanker paru-paru. Sedangkan, gejala kanker paru-paru mungkin muncul di area yang tak terduga.

Pusat Perawatan Kanker Amerika pun menguraikan tanda-tanda peringatan kanker paru-paru, salah satunya kesulitan menelan makanan. Meskipun itu bukan tanda umum kanker paru-paru, Anda perlu mewaspadainya.

Selain itu dilansir dari Express, gejala kanker paru-paru yang aneh juga terlihat pada jari tubuh, yakni ujung jari membesar dan kuku menjadi sangat melengkung dari depan ke belakang.

Beberapa orang dengan kanker paru-paru mungkin juga mengalami pembengkakan di leher atau wajah sebagai gejala lain.

Walau sebagian besar kanker paru-paru tidak menimbulkan gejala sampai penyakit berkembang. Tanda-tanda kanker paru-paru paling umum, termasuk batuk persisten hingga berdarah.

Bedanya batuk tanda kanker paru-paru dan lainnya adalah timbulnya rasa sakit di dada, punggung atau bahu ketika batuk, tertawa atau bernapas dalam.

Penderita kanker paru-paru juga lebih mungkin mengalami sesak napas selama kegiatan sehari-hari. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh infeksi paru-paru, seperti bronkitis atau pneumonia yang tidak hilang.

Hal yang sangat umum pula bila penderita kanker paru-paru mengalami penurunan berat badan drastis. Karena, mereka mungkin juga kehilangan nafsu makan akibat kesulitan menelan makanan dan minuman.

Pada kondisi yang lebih parah, penderita kanker paru-paru juga mudah merasa lelah, lemas, bersuara serak atau mengi.

Ada banyak faktor yang memengaruhi seseorang berisiko menderita kanker paru-paru. Namun, kebiasaan merokok tetap menjadi persoalan utama yang meningkatkan risiko seseorang.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers