web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Terlanjur Putihkan Wajah dengan Krim Bermerkuri? Lakukan Ini

Selasa, 7 Juli 2020 06:35 WIB M. Naufal Hafizh

Ilustrasi (Pixabay/andreas160578)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Jika Anda ingin memutihkan wajah, hindari krim wajah bermerkuri karena bisa membayakan kesehatan.

Dokter spesialis Kulit dan Kelamin Kardiana Purnama menegaskan, tidak ada cara instan untuk mencerahkan kulit wajah. Menurutnya krim yang menjanjikan wajah cerah dalam waktu singkat bisa dicurigai mengandung bahan berbahaya untuk kulit.

"Ada beberapa komposisi yang berbahaya. Artinya menimbulkan efek samping yang besar. Tapi dia kalau dipakai jangka pendek memang langsung keliatan. Biasanya yang mengandung logam berat itu bahaya, biasanya ada merkuri. Baru pakai sebentar muka langsung kinclong, itu pasti bahaya," kata Kardiana, dilansir dari Himedik.com.

Jika sudah terlanjur memakai krim dengan kandungan berbahaya tersebut, Kardiana menyarankan segera berhenti menggunakan produk tersebut. Begitu krim tak lagi dipakai, efek samping pasti langsung terlihat dengan kulit kehitaman.

Namun, jangan segera menimpa wajah dengan krim lain untuk mengembalikan seperti semula.

"Menurut saya pakai pelembap yang netral tanpa kandungan apa pun karena kulit juga butuh istirahat," kata Kardiana.

Efek samping harus dilewati terlebih dahulu, lanjut Kardiana. Kulit wajah memang akan menjadi lebih kusam setelah produk berbahan logam berat dihentikan.

"Biarkan kita lihat dalam satu atau dua bulan pertama, baru mulai lakukan perawatan biasa," ucapnya.

Kardiana menuturkan, perawatan awal bisa dimulai dengan krim biasa lalu ditambah dengan sunscreen yang mengandung AHA dan BHA.

"Boleh juga yang ada kandungan retinol, itu untuk bantu eksploiting juga pembentukan sel baru," tuturnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers