web analytics
  
Banner Kemerdekaan

7 Buah Ini Ampuh Bikin Gigi Putih Bersih

Selasa, 7 Juli 2020 06:31 WIB M. Naufal Hafizh

Gigi putih bersih. (Pixabay/Gerd Altmann)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah buah diyakini ampuh menjadikan gigi putih bersih.

Gigi yang bersih dan putih bisa menambah kepercayaan diri seseorang.

Namun tanpa kamu sadari, minuman-minuman yang sering kamu konsumsi seperti teh, kopi, bahkan minuman bersoda mampu membuat warna gigi berubah.

Saat ini sudah banyak alternatif untuk mengembalikan warna gigi sehingga gigi tampak lebih cerah, salah satunya adalah dengan menggunakan buah.

Dilansir dari Himedik.com, berikut 7 buah yang bisa bikin gigi lebih bersih dan putih.

1. Stroberi

Stroberi mengandung enzim yang disebut asam malat. Enzim ini mampu membersihkan dan memutihkan gigi.

Caranya, haluskan buah stroberi dan gosok ke gigi. Biarkan selama lima menit lalu bilas dengan air dan sikat seperti biasa. Lakukan sehari 2 kali.

2. Apel dan wortel

Kedua buah ini mampu menghilangkan noda pada gigi dan meningkatkan produksi air liur. Ini berfungsi membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Konsumsi apel sesering mungkin dan wortel (lebih baik jika dimakan mentah).

3. Jeruk dan nanas

Konsumsi jeruk dan nanas mampu meningkatkan produksi air liur sehingga dapat membersihkan gigi secara alami. Kulit jeruk juga dapat dihaluskan lalu digosok pada gigi dan diamkan selama 3 sampai 4 menit.

4. Lemon

Lemon menjadi salah satu buah yang dikenal paling ampuh untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Kamu disarankan untuk tidak menggunakan lemon langsung pada gigi karena sifatnya yang terlalu asam dapat merusak gigi.

Kamu dapat mencampurnya dengan garam atau baking soda. Oleskan campuran air lemon tersebut ke gigi dan diamkan selama dua menit lalu kumur. Gunakan dua kali sehari secara rutin.

5. Pisang

Pisang juga menjadi alternatif lain untuk memutihkan gigi. Caranya kulit pisang bagian dalam digosok ke gigi selama dua menit lalu kumur.

Beberapa buah di atas dapat kamu gunakan untuk membersihkan dan memutihkan gigi, asalkan gunakan secara telaten ya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers