web analytics
  

5 Cara Supaya Ibadah Tak Jadi Beban

Selasa, 7 Juli 2020 06:23 WIB
Umum - Pendidikan, 5 Cara Supaya Ibadah Tak Jadi Beban, Ibadah,Khusyuk,Agama,Islam

[Ilustrasi] Jemaah melaksanakan Salat Jumat di Masjid Al-Ukhuwah, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Jumat (5/6/2020). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Karena sejumlah alasan, misalnya urusan duniawi, terkadang seseorang jadi sulit beribadah.

Padahal, ibadah adalah suatu kewajiban bagi hamba-Nya sekaligus momentum untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Melansir About Islam, Selasa (6/7/2020), berikut 5 cara agar ibadah tak lagi dianggap sebagai beban.

1. Jadikan ibadah sebagai penyemangat

Hal pertama yang harus diubah adalah pola pikir. Jika selama ini ibadah dianggap sebagai beban yang memberatkan, kini jadikan ibadah sebagai penyemangat.

Jadikan ibadah, salat 5 waktu sebagai ajang mendekatkan diri dan berkomunikasi dengan Allah SWT.

Ingatkan Allah SWT berfirman dalam surah Al-ankabut aya 5 yang artinya: "Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu yaitu Al-Qur’an dan dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (salat) adalah lebih besar (keutamannya dari ibadah-ibadah lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

2. Belajar khusyuk

Jika sudah berhasil mengubah pola pikir, kita harus melatih diri agar bisa khusyuk diri. Bahkan selama ibadah, pikiran kita kerap berlarian memikirkan ini dan itu.

Makanya, agar ibadah menjadi penenang dan meringankan beban hidup, latihlah diri agar khusyuk. Memusatkan pikiran dan hati pada Yang Maha Kuasa.

3. Ingatlah ada bentuk ibadah lain

Cara ketiga yaitu jadikan ibadah sebagai bentuk kebutuhan pribadi, bukan sebagai kewajiban yang memberatkan dan menghalangi aktivitas di dunia. Padahal dalam Islam, ibadah tidak terbatas. Jadikan pekerjaan, belajar, mengasuh anak, memasak, dan lainnya sebagai ladang ibadah kita.

4. Ketahui batas diri

Ketika datang untuk beribadah, kita juga perlu mengetahui batasan kita. Ada ibadah wajib, sunah dan lainnya. Jika Anda ingin melakukan puasa sunah, lakukan. Namun jika itu dirasa sulit, jangan dipaksakan.

Kenali dirimu. Ketahuilah apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadi lebih dicintai oleh Tuhan yang Maha Pengasih. Anda tidak perlu membebani diri sendiri dengan melakukan ibadah sunah yang menyulitkan.

5. Jangan bandingkan dengan orang lain

Agar tidak terbebani dengan ibadah, penting bagi kita tidak selalu membandingkan diri kita dengan orang lain. Kita harus tahu kekuatan dan kelemahan sendiri. Karena orang lain pun memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda.

Cobalah tingkatkan diri Anda secara konsisten. Tapi berbaik hatilah pada diri sendiri, kenali dirimu. Cobalah tingkatkan bacaan Al-Qur’an Anda. Jika saat ini Anda membaca satu halaman sehari, coba tingkatkan menjadi dua halaman sehari.

Lakukanlah secara bertahap dan konsisten.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers