web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Ini Sejarah Sepatu Converse yang Masih Ada hingga Kini

Selasa, 7 Juli 2020 05:48 WIB

Sepatu Converse (Pixabay/eberhard grossgasteiger)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COMSepatu Converse adalah merk sepatu populer yang masih digunakan sebagai sepatu favorit banyak orang di dunia.

Pendiri sepatu Converse adalah Marquis Mills Converse. Dia menciptakannya pada 1908 di Malden, Massachusetts, Amerika Serikat, melalui perusahaan sepatu yang bernama Converse Rubber Shoe Company.

Awalnya, Marquis menjual sepatu winterized untuk pria, wanita, dan anak-anak. Lalu Sepatu kanvas Converse untuk olahraga tenis menyusul. Kemudian selama bertahun-tahun mendominasi formatif dunia basket, Converse All Star menciptakan sepatu basket, sehingga membantu memicu perkembangan olahraga Amerika.

Dua tahun setelah peluncuran pertama perusahaan sepatu mereka, pada tahun 1910 Converse berhasil memproduksi 4.000 sepatu per hari.

Hingga tahun 1917 Converse debut dunia pertama sepatu performance untuk basket, Converse All Star.

Tahun 70-an, Converse mengeluarkan debut pertamanya dengan label "One Star," sepatu performance low-cut untuk basket, yang kemudian diadopsi oleh peselancar dan skaters sebagai gaya retro lifestyle sebagai alternatif tampilan gaya baru.

Sepatu converse pun dianggap sebagai sepatu ternyaman dengan desain klasik yang khas hingga menjadi favorit banyak orang.

Maka tak aneh, tahun 2002, sebanyak lebih dari 750 juta pasang sepatu Chuck Taylor All Star terjual di 144 negara sejak debutnya pada tahun 1917.

Converse pun diikuti sejumlah selebriti yang paling terkenal. Mulai dari pemain basket, ikon olahraga, penyanyi dan tokoh masyarakat seperti Maurice Evans, Avril Lavigne, Jessica Alba, Willow Smith, Kristen Stewart, dan Dwyane Wade. Converse dijuluki sebagai pelopor fesyen dan sepatu olahraga.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers