web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Lin Dan Pensiun, Peter Gade: Lawan Terberat Saya

Senin, 6 Juli 2020 21:49 WIB

Legenda bulutangkis China, Lin Dan. (AFP/Johannes Eiselle)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Legenda bulutangkis Denmark Peter Gade turut berkomentar mengenai Lin Dan yang memutuskan pensiun pada Sabtu (4/7/2020).

Keputusan Lin Dan pensiun diumumkan lewat media sosial China, Weibo. Dia pensiun di usia 36 tahun.

Menurut Peter Gade, Lin Dan mungkin adalah sosok pebulutangkis terbaik sepanjang masa.

Dalam dua dekade kariernya, hampir seluruh gelar prestisius berhasil diraih tunggal putra berjuluk Super Dan itu untuk China.

"Lawan terberat yang pernah saya hadapi dalam karier saya. Inspirasi sejati untuk penggemar bulutangkis di seluruh dunia," kata Peter Gade dikutip dari laman resmi BWF, Senin (6/7/2020).

"Atlet yang luar biasa dan mungkin yang terhebat sepanjang masa dalam olahraga ini," tambahnya.

Peter Gade dan Lin Dan adalah dua dari beberapa tunggal putra hebat yang saling berjibaku di era yang hampir bersamaan.

Bersama Taufik Hidayat (Indonesia) dan Lee Chong Wei (Malaysia), Peter Gade dan Lin Dan menandai salah satu era keemasan sektor tunggal putra.

Peter Gade dan Lin Dan juga kerap berjumpa di atas lapangan. Salah satu pertemuan paling bersejarah antar keduanya adalah di final All England 2004.

Saat itu Peter Gade yang lebih senior harus menelan kekalahan sekaligus melihat seorang Lin Dan muda meraih gelar All England perdananya.

Pertandingan itu pula yang menandai julukan Super Dan bagi Lin Dan. Julukan itu diberikan langsung oleh Peter Gade seusai laga.

"Banggalah dan nikmati hidup Anda bersama keluarga, teman, dan petualangan baru di tahun-tahun mendatang," pesan Gade untuk Lin Dan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers