web analytics
  
Banner Kemerdekaan

3 Lokasi di Rumah yang Jadi Hotspot Covid-19

Senin, 6 Juli 2020 21:40 WIB

Kasur menjadi tempat yang paling terkontaminasi virus. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kasus Covid-19 masih terus meningkat, bahkan angkanya di dunia sudah mencapai lebih dari 11 juta kasus. Itulah mengapa menjalankan protokol kesehatan sangat penting dilakukan, mulai dari memakai masker hingga rajin cuci tangan.

Menjaga kebersihan dengan mendisinfektan ruangan juga sama pentingnya, mengutip Times of India, Senin (6/7/2020) kita harus tahu hotspot Covid-19 bersarang di rumah.

Menurut penelitian yang dilakukan American Society for Microbiology, ditemukan setidaknya ada 3 tempat yang paling terkontaminasi virus di kamar pasien dengan Covid-19 di China.

Ketiga tempat itu adalah seprai, bantal, dan tralis atau tempat tidur pasien. Hal yang mengejutkan adalah kamar pasien selalu bersihkan atau didisinfektan dua kali sehari.

Temuan ini menandai betapa pentingnya mengganti seprai dan mengganti sarung bantal lebih sering daripada biasanya di masa pandemi seperti saat ini, dimana kita dituntut menjalani hidup berdampingan dengan virus.

Perilaku ini harus diperketat, khususnya apabila ada orang yang menginap di rumah Anda jangan pernah menggunakai seprai yang sama, usahakanlah untuk diganti dan langsung dicuci.

Mengingat menurut penelitian 45 persen mereka yang membawa virus adalah asimtomatik atau tanpa gejala. Sehingga kita tidak pernah tahu apakah orang itu aman atau tidak dari Covid-19.

Mungkin ia tidak bergejala, tapi bila terpapar dengan orang kekebalan tubuh yang rendaj bakal jadi gejala berat.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers