web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Liverpool 17 Kali Menang Beruntun di Anfield

Senin, 6 Juli 2020 06:22 WIB

[Ilustrasi] Liverpool Juara Liga Inggris 2019-2020. (Liverpoolfc/Instagram)

LIVERPOOL, AYOBANDUNG.COM Liverpool tercatat menang 17 kali beruntun di Stadion Anfield.

Hal itu dicatatkan setelah Liverpool menggasak tamunya Aston Villa, 2-0, pada pekan ke-33 Liga Primer Inggris, Minggu (6/7/2020) malam WIB.Kedua gol dicetak Sadio Mane dan Curtis Jones.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp melakukan 3 perubahan di starting line-up Liverpool dibanding saat dibekuk Manchester City, 0-4, pertengahan pekan lalu.

Posisi Jordan Henderson digantikan Naby Keita. Sedangkan Alex-Oxlaide Chamberlain mengisi pos yang biasa ditempati Giorgio Wijnaldum. Selain itu, Klopp memilih mengistirahatkan Roberto Firmino dan menempatkan Divock Origi sebagai ujung tombak serangan.

Laga baru berjalan 4 menit, Liverpool sudah mendapatkan peluang lewat Mohammed Salah. Eks winger Chelsea itu mampu menguasai bola di dalam kotak penalti Villa. Namun, Salah, yang telah dikepung setidaknya 4 pemain bertahan Villa, tidak sempat melepaskan tembakan ke arang gawang Villa. Hingga pertengahan babak pertama, The Reds masih mengendalikan permainan dengan mencatatkan penguasaan bola mencapai 70%.

Sedangkan Aston Villa hanya mampu mengancam gawang Liverpool lewat sejumlah serangan balik. Seperti yang terjadi pada menit ke-34. Setelah mendapatkan operan dari Tyrone Mings, Douglas Luiz melepaskan umpan lambung ke jantung pertahanan The Reds. Namun, bola hasil umpan lambung LUiz terlalu deras dan tidak bisa dimanfaatkan rekan setimnya.

Pada menit ke-35, Salah kembali mendapatkan peluang. Kali ini, Salah berhasil melepaskan tembakan dari sebelah kiri kotak penalti Villa. Namun, bola hasil sepakan winger asal Mesir itu masih terlalu lemah dan bisa ditangkap dengan mudah oleh kiper Villa, Pepe Reina.

Pada 5 menit akhir babak pertama, Liverpool terus mengepung pertahanan tamunya. Kendati begitu, lini belakang Villa, yang digalang oleh Mings, terbukti mampu meredam setiap gelombang serangan para penggawa tim tuan rumah. Skor imbang tanpa gol pun bertahan hingga babak pertama usai. Pada sepanjang babak pertama, tim tuan rumah tercatat hanya mengemas dua tembakan.

Memasuki 10 menit babak kedua, Liverpool mampu memecah kebuntuan. Berbagai upaya, terutama lewat umpan-umpan taham dari bek sayap Trent Alexander-Arnold, belum mampu dimanfaatkan barisan penyerang The Reds. Absennya Firmino terbukti membuat lini serang The Reds belum bisa tampil optimal. Pun dengan dampak hilangnya Jordan Henderson. Lini tengah The Reds terlihat kesulitan menjaga tempo permainan dan menerapkan variasi arah serangan.

Klopp pun melakukan tiga pergantian pemain sekaligus pada menit ke-60. Firmino masuk menggantikan Origi, dan Henderson mengambil alih posisi Fabinho, serta Wijnaldum menggantikan Oxlaide-Chamberlain. Akhirnya, pada menit ke-70, Liverpool bisa mencetak gol, tepatnya lewat torehan Sadio Mane.

Keita, yang mendapat operan dari Alexander-Arnold di sisi kanan kotak penalti Villa, melepaskan umpan ke Mane, yang berdiri tepat di depan mulut gawang Villa. Penyerang asal Senegal itu langsung menyambar bola operan Keita tersebut. Bola pun meluncur deras ke gawang Villa tanpa bisa dihalau Reina.

Gol Mane ini pun memicu semangat para penggawa The Reds untuk kembali mencetak gol. Firmino sempat melepaskan tendangan melengkung dari depan kotak penalti pada menit ke-75. Namun, Reina masih bisa mementahkan sepakan penyerang asal Brasil tersebut. Liverpool akhirnya mampu menggandakan keunggulan.

Curtis Jones, yang masuk menggantikan Keita pada menit ke-85, mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-89. Gelandang serang berusia 19 tahun itu memanfaatkan umpan sundulan dari Salah, yang menerima bola dari umpan lambung Andrew Robertson dari sisi kanan pertahanan Liverpool. Gol Jones itu pun menjadi gol terakhir yang tercipta di laga ini.

Atas kemenangan ini, Liverpool masih menjaga peluang untuk menjadi tim pertama dalam sejarah Liga Primer Inggris yang mampu menyapu bersih kemenangan di laga kandang. The Reds tinggal mencatatkan kemenangan di dua laga kandang terakhir pada musim ini, tepatnya saat menerima lawatan Burnley pada pekan ke-35, pertengahan bulan ini, dan kala menjamu Chelsea pada pekan ke-37, akhir bulan ini.

Sementara buat tim tamu, kekalahan ini membuat upaya untuk keluar dari zona degradasi kian berat. Terlebih, di laga berikutnya, Villa mesti berhadapan dengan Manchester United di Stadion Villa Park, tengah pekan ini.

Susunan Pemain:

Liverpool

Pelatih: Jurgen Klopp

Kiper: Alisson

Belakang: Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Roberson;

Tengah: Fabinho, Keita, Oxlade-Chamberlain;

Depan: Mane, Salah, Origi

Aston Villa (4-2-3-1)

Pelatih: Dean Smith

Kiper: Reina;

Belakang: Konsa, Hause, Mings, Taylor;

Tengah: McGinn, Douglas Luiz; El Ghazi, Trezeguet, Grealish;

Depan: Davis

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers