web analytics
  

Pakai Bedak Bisa Cegah Bau Kaki?

Senin, 6 Juli 2020 11:46 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Bau kaki. (Pixabay/Lisa Runnels)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Bau kaki bisa disebabkan sejumlah hal, di antaranya stres, berkeringat, dan tidak ruti mengganti sepatu atau kaos kaki.

Namun, ada sejumlah cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan masalah bau kaki.

Berbagai cara tersebut berdasarkan paparan dari dr Yusra Firdaus.

1. Sepatu dan kaus kaki rajin dicuci dan diganti

AYO BACA : Bau Kaus Kaki Bisa Bikin Badan Sakit?

Pemakaian sepatu dan kaus kaki yang sama dalam waktu lama bisa menimbulkan aroma tidak sedap yang menyengat dari kaki. Hal ini karena sepatu dan kaus kaki tersebut telah menyimpan cukup banyak keringat serta bakteri.

Sembari rutin mencucinya selama selang waktu tertentu, pastikan Anda juga mengganti sepatu dan kaus kaki secara teratur.

Namun, bagaimana jika jumlah sepatu dan kaus kaki yang Anda miliki terbatas untuk digunakan secara bergantian? Tandanya, Anda memang harus mencucinya terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

2. Pakailah bedak di kaki

AYO BACA : Cara Sederhana Usir Bau Ketiak

Selain mampu membuat kaki tetap kering, menaburkan bedak pada kaki dapat membantu memberikan aroma harum di kaki. Agar trik mencegah bau kaki Anda lebih optimal, sebaiknya taburi juga bedak kaki setelah melepas sepatu.

3. Jika masih tercium bau, pakai krim pencegah bau kaki

Krim pencegah bau kaki bisa mencegah kaki berkeringat berlebih yang membuatnya lembap. Kaki yang lembap berisiko memicu tumbuhnya bakteri dan jamur penyebab bau kaki.

Sebaiknya, beri jeda beberapa saat setelah mengoleskan krim kaki sebelum lanjut memakai sepatu agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.

4. Simpan di tempat terbuka dan jangan lupa cuci kaki

Mencuci kaki sebelum dan setelah memakai sepatu, serta saat mandi, bisa membantu mencegah timbulnya bau khas yang menyengat dari kaki.

Selain itu, coba simpan sepatu di tempat yang memungkinkan pertukaran udara berlangsung dengan baik. Anda bisa membiarkan sepatu di luar ruangan dan mendapatkan udara bebas selama beberapa saat, sebelum menyimpannya kembali.

 

AYO BACA : Sering Bau Badan? Lupakan Deodoran, Ganti dengan Keringat Orang Lain

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers