web analytics
  

Wow, Teh Hitam Terbukti Bantu Turunkan Berat Badan

Senin, 6 Juli 2020 06:45 WIB M. Naufal Hafizh

Ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah studi menunjukkan, minum teh hitam bisa membantu menurunkan berat badan.

Dilansir dari Science Daily, para peneliti dari Universitas California Los Angeles (UCLA) menunjukkan, teh hitam mungkin bisa membantu menurunkan berat  badan dan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Menurut para peneliti, reaksi itu disebabkan teh hitam yang bisa mengubah bakteri dalam usus.

Penelitian ini diterbitkan dalam European Journal of Nutrition.

Studi ini menemukan bahwa teh hitam bisa mengubah rasio bakteri usus pada hewan percobaan. Hasilnya, persentase bakteri yang terkait dengan obesitas menurun, sementara bakteri yang terkait dengan massa tubuh kurus meningkat.

Temuan baru kami menunjukkan bahwa teh hitam, melalui mekanisme spesifik dengan mikrobioma usus, juga dapat berkontribusi untuk kesehatan yang baik dan penurunan berat badan pada manusia.

Hasilnya menunjukkan bahwa teh hitam adalah prebiotik, zat yang memicu pertumbuhan mikroorganisme baik dan berkontribusi pada kesejahteraan seseorang.

Dalam studi tersebut, empat kelompok tikus menerima diet yang berbeda.

Setelah empat minggu, bobot tikus yang diberi ekstrak teh hitam turun ke tingkat yang sama dengan tikus yang menerima diet rendah lemak selama penelitian.

Para peneliti juga mengumpulkan sampel dari usus besar tikus (untuk mengukur kandungan bakteri) dan jaringan hati (untuk mengukur timbunan lemak). Pada tikus yang mengonsumsi jenis ekstrak teh ini, ada lebih sedikit jenis bakteri yang terkait dengan obesitas dan lebih banyak bakteri yang terkait dengan massa tubuh tanpa lemak.

Zhaoping Li, direktur Pusat Nutrisi Manusia UCLA, kepala Divisi Nutrisi Klinis UCLA dan penulis senior studi tersebut, mengatakan, temuan itu menunjukkan bahwa manfaat kesehatan dari teh hitam melampaui manfaat antioksidannya.

"Untuk pencinta teh hitam, mungkin ada alasan baru untuk tetap meminumnya," katanya.

Temuan ini didasarkan pada studi UCLA 2015 yang menunjukkan bahwa teh hitam membantu mencegah obesitas pada tikus yang mengonsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi gula.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers