web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Demi Tumbuh Kembang Anak, Penuhi 5 Aspek Ini

Senin, 6 Juli 2020 04:39 WIB

Ilustrasi. (Pixabay/2081671)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Cara menumbuhkembangkan anak, di setiap zaman, memiliki tantangan tersendiri.  Salah satunya, di era moder, pola asuh sangat terkait dengan penggunaan gawai.

Kendati ada positif dan negatifnya, penggunaan gawai tetap perlu dikontrol dan jangan sampai melewatkan poin penting dalam mendidik anak.

Menurut Anna Surti Ariani, Psikolog Anak & Keluarga, ada beberapa hal berbeda dalam cara mengasuh anak pada zaman sekarang dibandingkan zaman dulu. Namun, tetap ada aspek-aspek yang betul-betul harus dipenuhi untuk tumbuh kembang anak yang optimal, kendari zaman silih berganti.

Lima aspek itu, seperti aspek fisik, aspek kognitif, bahasa, emosi dan sosial. Untuk kemampuan fisik, berhubungan dengan kemampuan motorik kasar, halus. "Motorik seperti lompat memanjat itu motorik kasar, main puzzle fisik juga tapi halus," ujarnya, dikutip dari Republika.co.id, Senin (6/7/2020).

Untuk aspek kognitif berkaitan dengan semua kecerdasan, daya ingat, daya tangkap. Sedangkan aspek bahasa, terkait bagaimana berbicara, kosa kata. Kemudian aspek emosi tentang bagaimana agar mengalami senang dan sedih tidak boleh berlebihan, tidak sampai mengganggu aktivitas, serta aspek sosial berkaitan dengan pergaulan, interaksi satu sama lain.

"Nah, 5 aspek ini di zaman kapan pun perlu dipenuhi tapi tentunya disesuaikan zaman yang juga bisa didapatkan dari aktivitas bermain," katanya.

Intinya, berbagai faktor dalam tumbuh kembang anak, seperti interaksi dengan orang lain, aktivitas fisik atau olahraga hingga pengembangan minat dan talenta perlu terpenuhi.

Tidak hanya perlu sekadar waktu bersama orang tua, tetapi interaksi yang dibutuhkan anak dan orang tua adalah untuk saling membutuhkan. Itu yang akan membuat anak-anak bisa kembali pada orang tua.

Ketika kelak anak dalam kondisi sulit pun, mereka bisa kembali mengingat hal-hal yang diupayakan orang tua. Jadi, cobalah untuk meluangkan waktu memberikan kenangan indah bagi memori anak.

 

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers