web analytics
  
Banner Kemerdekaan

6 Cara Agar Tetap Aman Bersepeda saat Pandemi Corona Covid-19

Senin, 6 Juli 2020 04:21 WIB M. Naufal Hafizh

Warga bersepeda di Jalan Aceh, Kota Bandung, Sabtu (4/7/2020). Pemerintah Kota Bandung memberlakukan protokol baru dalam bersepeda yang telah disesuaikan dengan aturan di era new normal. Pesepeda harus tetap menerapkan protokol keselamatan dan kesehatan selama bersepeda, seperti menggunakan helm, kacamata, masker, selalu mencuci tangan atau menggunakan handsanitaizer, membawa botol minum sendiri, menjaga jarak, serta selalu menjaga kebersihan sepeda. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Jika Anda hendak bersepeda, sebagai olahraga alternatif selama pandemi Covid-19, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman.

Dilansir dari Times of India, berikut 6 cara yang perlu dilakukan ketika bersepeda agar risiko tertular virus corona kecil.

 1. Hindari naik sepeda berkelompok

 Anda disarankan tidak naik sepeda berkelompok untuk menjaga jarak sosial meski aturan pembatasan sosial telah dilonggarkan.

2. Pakai helm, masker, dan sarung tangan

Pemakaian masker dan sarung tangan bisa membantu Anda menghindari menyentuh wajah ketika bersepeda.

3. Bawa botol air

Dengan membawa botol air, Anda tidak perlu mengonsumsi minuman dari luar dan bisa berhenti di tempat sepi ketika ingin minum atau beristirahat.

 4. Jangan terlalu banyak mengerahkan tenaga

Anda perlu menjaga energi tubuh dan tetap terhidrasi selama bersepeda. Pemakaian masker saat bersepeda mungkin bisa menyebabkan kesulitan bernapas.

5. Bersihkan semua permukaan sepeda yang sering disentuh

Setelah bersepeda, Anda perlu membersihkan semua permukaan seperti setang, pelanan dan pedal. Jangan lupa untuk membawa hand sanitizer selama bersepeda agar bisa membersihkan tangan ketika menyentuh fasilitas umum dan lainnya.

6. Bersihkan sepeda dan segala peralatan bersepeda

Setelah pulang dari bersepeda, Anda harus segera membersihkan sepatu secara menyeluruh dan menjemurnya di bawah sinar matahari sampai kering. Anda juga perlu mencuci pakaian yang dipakai dan segera mandi setelah bersepeda.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers