web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Kotoran Telinga Akan Meningkat Jika Sedang Stres?

Senin, 6 Juli 2020 03:06 WIB

Telinga (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM Kotoran telinga secara tidak langsung dapat menunjukkan kondisi kesehatan seseorang.

Selain itu, ada sejumlah fakta fakta tak terduga lainnya dari kotoran telinga yang jarang diketahui, melansir Huffington Post.

1. Berfungsi untuk melumasi telinga

Kotoran telinga berfungsi melindungi Anda dari rasa gatal, sama halnya seperti air mata yang berfungsi untuk membahasi mata, kata Penn Medicine.

2. Membuat bagian dalam telinga bersih

Penumpukan kotoran telinga terdiri atas sel kulit mati yang mengelupas, kotoran atau debu yang mencoba masuk ke dalamnya. Tapi percaya atau tidak, kotoran ini dapat keluar dengan sendirinya.

Setiap gerakan rahang, baik berbicara atau mengunyah, mendorong kotoran telinga ke luar. Karena itu, sejumlah dokter tidak menyarankan untuk membersihkan telinga menggunakan cotton bud.

Kebanyakan ahli setuju untuk membiarkan kotoran telinga tersebut, kecuali apabila Anda sudah mengalami masalah pendengaran karenanya.

3. Kotoran telinga bervariasi berdasarkan ras

Perbedaan kotoran telinga kering dengan basah kemungkinan berhubungan dengan ras, menurut sebuah penelitian.

Peneliti Monell Center menemukan, seperti halnya keringat, senyawa kimia dalam kotoran telinga berbeda antara ras, dan molekul yang menghasilkan bau pada kotoran umumnya lebih tinggi di ras Kaukasia daripada Asia Timur.

4. Stres atau ketakutan dapat meningkatkan produksi kotoran telinga

Kelenjar yang mengeluarkan kotoran telinga adalah kelenjar aprokin, yang bertanggung jawab atas keringat Anda paling bau.

Seperti halnya stres yang dapat membuat tubuh lebih berkeringat dan beraroma buruk, stres bersama dengan respons emosional kuat lainnya, seperti ketakutan juga dapat meningkatkan produksi kotoran telinga, menurut American Speech-Language-Hearing Association.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers