web analytics
  

Begini Cara Menjelaskan Situasi Pandemi Covid-19 kepada Anak-anak

Minggu, 5 Juli 2020 08:12 WIB Ananda Muhammad Firdaus

Cuci tangan salah satu cara menjaga kebersihan agar terhindar dari penularan Covid-19. (Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak yang berubah karena pandemi Covid-19. Tentu cukup sulit merubah kebiasaan agar terhindar dari penularan virus ini, tak terkecuali anak-anak yang bisa kebingungan lantaran sikap drastis yang diperlihatkan orang dewasa.

Menurut Claire McCarthy, seorang dokter anak perawatan primer di Rumah Sakit Anak Boston dan asisten profesor pediatri di Harvard Medical School, ada anak-anak muda yang mengalami masalah dengan tidur mereka, kebiasaan makan dan suasana hati yang terkait dengan pandemi Covid-19.

"Namun, kebenarannya adalah bahwa kehidupan juga telah berubah bagi mereka (anak-anak) dan bagi sebagian dari mereka kehidupan telah berubah secara dramatis," kata McCarthy dalam sebuah artikel yang diposting di Harvard Health, dilansir Medical Daily.

"Anak-anak kecil kurang bisa memahami nuansa semua ini, bagi mereka, dunia benar-benar tentang mereka," tambahnya.

Maka dari itu, penting untuk membantu anak-anak memahami situasi pandemi Covid-19 yang berimbas pada perubahan mendadak di sekitar mereka. Ini juga merupakan upaya menghindari masalah dengan kesehatan fisik dan mental mereka.

McCarthy mengatakan bahwa akan sulit bagi orang tua untuk menjelaskan dampak pandemi Covid-19. Tetapi ada beberapa cara yang dapat membantu anak-anak memahami kondisi saat ini.

Langkah pertama adalah melakukan percakapan sederhana dan optimis dengan anak-anak Anda. Fokus pada perubahan yang memengaruhi mereka, seperti kunjungan terbatas ke kerabat dan mengurangi waktu di luar bersama teman-teman mereka.

Beri tahu mereka bahwa virus telah menyebar ke luar yang dapat membuat orang sakit dan menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dapat membantu menghindari infeksi. Orang tua dapat menyebutkan upaya orang lain untuk membuat virus corona pergi dan membuat kita tetap aman.

Penting juga untuk menjelaskan mengapa semua anggota keluarga harus memakai masker wajah dan pentingnya mencuci tangan serta menjaga jarak yang aman dari orang lain.

"Sangat penting untuk berbicara secara positif, bukan hanya karena Anda ingin menjaga hal-hal positif sekarang......,jika Anda belum meletakkan dasar, anak-anak mungkin ketakutan ketika mereka mulai melakukan hal-hal yang tidak boleh mereka lakukan sebelumnya," kata McCarthy.

Sumber: Himedik.com
Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel lainnya

dewanpers