web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Kiper Persib Jalani Swab Test Covid-19, Begini Komentarnya

Jumat, 3 Juli 2020 20:18 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Kiper Persib I Made Wirawan (Enen)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Persib Bandung menggelar pemeriksaan kesehatan covid-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) atau Swab test di Graha Persib, Jumat (3/7/2020) sore. Tes ini syarat wajib skuat Maung Bandung sebelum menjalani latihan perdana di Stadion GBLA, Senin (6/7/2020).

Penjaga gawang kawakan Persib Bandung, I Made Wirawan menyambut positif pemeriksaan ini. Made menyebut pemeriksaan ini penting bagi timnya. Apalagi skuat Maung Bandung akan segera menjalani latihan secara kolektif di tengah pandemi virus corona yang masih berkecamuk.

"Ini sesuatu yang positif ya karena kita akan latihan bersama lagi," kata Made di Graha Persib, Jumat (3/7/2020).

Dalam regulasi baru yang akan ditetapkan dalam lanjutan Liga 1 2020, PSSI dan PT LIB mencantumkan rapid test sebagai panduan klub peserta untuk melanjutkan Liga 1 2020 Oktober mendatang.

Namun, Persib memilih menggunakan metode pemeriksaan melalui PCR test bagi pemain staf, dan ofisial tim. Metode pengambilan cairan saluran pernapasan atau Swab ini dinilai efektif mendeteksi seseorang yang terpapar virus corona. 

Dalam pemeriksaan kesehatan Covid-19 kepada tim Persib, ada 46 orang yang menjalani pemeriksaan. Mereka terdiri dari pelatih, pemain, hingga ofisial tim. Pemeriksaan ini juga difasilitasi Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Barat dan dipantau langsung Gubernur sekaligus ketua tim Gugus Tugas Covid-19 provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Kita tes PCR ini untuk memastikan kondisi kita benar-benar fit, negatif dari virus, dan merasa aman untuk latihan kembali. ini bagus sekali," kata Made.

Di sisi lain, kiper kelahiran Bali itu mengaku sangat siap kembali berlatih bersama rekan-rekan di tim. Sejak penangguhan kompetisi pertengahan Maret lalu, skuat Maung Bandung dibubarkan dari aktivitas bersama. Namun Made menegaskan, kondisi fisiknya tetap terjaga lantaran intens menjalani latihan mandiri.

"Saya siap latihan, selama masa karantina kita tetap melakukan latihan rutin dari program latihan mandiri dan kita mengikutinya. Saya bersyukur saya dalam kondisi yang bagus," ucapnya.

Kiper bernomor punggung 78 itu juga mengaku, sudah tak sabar untuk segera merumput di lapangan hijau. Apalagi sebelum kompetisi dihentikan imbas Covid-19, skuat Pangeran Biru menjadi pemuncak klasemen sementara dengan raihan 9 poin dari tiga laga awal kompetisi.

"Ya kita anggap aja ini sama kayak awal musim lagi, kita main dari awal lagi. Mungkin kita bisa tetap meraih apa yang telah kita raih sebelum stop liga. Termasuk prestasi Persib juga jadi motivasi kita untuk bisa terus melanjutkan kompetisi dengan baik," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers