web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Lahir Saat Pandemi, Anak Binturong di Lembang Park and Zoo Bernama Covid dan Corona

Sabtu, 4 Juli 2020 12:43 WIB Tri Junari

2 bayi binturong diberi nama Covid dan Corona lantaran lahir ditengah suasana pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). (ayobandung/Tri Junari)

PARONGPONG, AYOBANDUNG.COM -- Koleksi satwa di Objek wisata Lembang Park and Zoo, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali bertambah. 2 bayi binturong itu diberi nama Covid dan Corona lantaran lahir ditengah suasana pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Dengan lahirnya Covid anak binturong jenis kelamin jantan dan Corona binturong betina memperkaya koleksi binturong di kebun binatang berkonsep taman ini menjadi 12 ekor. 

Manajer Operasional Lembang Park and Zoo Iwan Susanto mengatakan, kedua bayi binturong itu lahir dari pasangan binturong Bobo dan Rika. Alasan diberi nama Covid dan Corona karena mereka lahir ditengah suasana pandem.

"Untuk mengingat momen ini kita kasih nama Covid dan Korona. Lahirnya saat kita tutup," kata Iwan saat ditemui di objek wisata Lembang Park and Zoo, Jalan Kolonel Masturi, Parongpong, KBB, Sabtu (4/6/2020).

Binturong merupakan satwa yang biasa hidup di daerah hutan tropis hijau, hutan daratan rendah primer dan sekunder dengan padang rumput. Satwa tersebut biasanya hidup minimal 18-25 tahun.

"Binturong ini satwa yang dilindungi asal Jawa. Mereka terancam punah," ujar Iwan.

Untuk pakannya, binturong biasanya mengkonsumsi mamalia kecil, burung, ikan, cacing tanah, serangga hingga buah-buahan.

Iwan melanjutkan, pihaknya tengah fokus menambah koleksi satwa. Saat ini di kebun binatang dengan luas 20 hektar ini terdapat 550 satwa. Seperti landak jawa, burung unta dan berbagai satwa lainnya.

"Kita berencana menambah ragam satwa yang ada di tempat kami,"tandasnya.

Editor: Andres Fatubun

artikel lainnya

dewanpers