web analytics
  
Banner Kemerdekaan

DPRD KBB Minta Pemkab Tunda Kunjungan Wisatawan Luar Jabar

Jumat, 3 Juli 2020 21:32 WIB Tri Junari

Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Rismanto. (Tri Junari)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat diminta menunda rencana membuka kran bagi  wisatawan dari luar Jawa Barat untuk mengunjungi objek wisata di Kabupaten Bandung Barat. Pasalnya, Bandung Barat mengalami penurunan kewaspadaan Covid-19 dari zona biru ke zona kuning.

"Saya setuju jika Pemkab Bandung Barat menunda terlebih dahulu kunjungan wisatawan dari luar Jawa Barat. Selain karena turun level kewaspadaan dari zona biru ke kuning, juga dalam beberapa hari terakhir kasus Covid-19 di berbagai daerah  tanah air angkanya cenderung naik lagi," kata Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Rismanto di Padalarang,  Jumat (3/7/2020).

Ia melihat curva yang disajikan oleh pemerintah masih melengkung ke atas, belum menunjukkan kondisi menurun secara stabil.

"Berisiko jika buru-buru wisatawan dari luar Jawa Barat diizinkan berwisata ke Bandung Barat. Alangkah lebih baik ditunda dulu sampai situasinya kembali stabil," tandasnya. 

Ia pun meminta Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mengintensifkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar penanganan pandemi ini kian optimal dan data-datanya makin akurat.

"Langkah koordinasi ini sangat penting agar penanganan Covid-19 bisa lebih optimal," tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengungkapkan, kebijakan membuka kran bagi warga luar Jawa Barat akan  mulai diberlakukan pekan kedua Juli 2020.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Gubernur Jawa Barat. Namun tentunya, protokol kesehatan menjadi hal utama yang harus diterapkan.

"Minggu depan wisata di Bandung Barat dibuka untuk wisatawan luar Jawa Barat. Saya sudah komunikasi dengan pak gubernur," ungkap Aa Umbara.

Ia mengatakan alasan mengizinkan wisatawan dari luar Jawa Barat berkunjung, seiring dengan berakhirnya penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan hasil evaluasi selama sebulan wisata di Kabupaten Bandung Barat dibuka. 

"Kita juga melihat penurunan kasus Covid-19 di Kabupaten Bandung Barat. Kita sempat berbincang juga dengan pengelola wisata dan mereka siap menerima tamu dengan protokol kesehatan," terangnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers