web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Pemotongan Hewan Kurban Akan Dilakukan di RPH

Jumat, 3 Juli 2020 19:35 WIB Mildan Abdalloh

Hewan Kurban (Kavin Faza)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Untuk mencegah adanya kerumunan, pemotongan hewan kurban di Kabupaten Bandung akan dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengatakan, kerumunan orang saat proses pemotongan hewan kurban, berpotensi menyebarkan covid-19 terutama bagi orang tanpa gejala, sehingga melakukan pemotongan di RPH menjadi solusi dalam mengurangi risiko kerumunan.

"Iduladha tahun ini, sebagian masjid akan diarahkan untuk memotong hewan kurban di RPH supaya tidak terlalu banyak kerumunan orang," tutur Tisna, Jumat (3/7/2020).

Di Kabupaten Bandung terdapat 7 RPH yang  tersebar di sejumlah daerah. masing-masing RPH bisa memotong puluhan hewan dalam satu hari.

"Memang jika melihat jumlah hewan kurban se-Kabupaten Bandung tidak akan bisa ditampung di 7 RPH, tapi setidaknya bisa mengurangi kerumunan," katanya.

Saat ini pihaknya sedang menyusun skema pemotongan hewan kurban di RPH, salah satunya adalah penjadwalan DKM yang akan melakukan pemotongan hewan kurban.

Menurut Tisna, melakukan pemotongan hewan di RPH memang dikenakan biaya, namun pihaknya akan memberikan subsidi yakni biaya pemotongan akan dibayar oleh pemerintah.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers