web analytics
  

Kekurangan Guru PNS, Pemkab Bandung Upayakan Pemerataan

Jumat, 3 Juli 2020 20:24 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Soreang, Kekurangan Guru PNS, Pemkab Bandung Upayakan Pemerataan, Kabupaten Bandung Kekurangan Guru

Guru (Istimewa)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Guru PNS di Kabupaten Bandung terus mengalami penurunan akibat tidak seimbangnya antara penerimaan CPNS dengan jumlah guru pensiun.

Kepala BKPSDM Kabupaten Bandung Wawan Ridwan mengatakan, dengan tidak seimbangnya antara guru yang pensiun dengan kuota CPNS yang diberikan pemerintah pusat, pihaknya terus melakukan pemerataan.

Terlebih, dengan PPDB sistem zonasi, maka perlu adanya pemerataan kualitas pendidik, supaya tidak menumpuk di wilayah tertentu.

"Faktanya kami dalam posisi sedang menata," ucap Wawan, Jumat (3/7/2020).

Namun kata Wawan untuk memindahkan guru pns, dilakukan juga pertimbangan matang, baik yang dipindahkan dari wilayah perkotaan ke pedesaan maupun sebaliknya.

"Perpindahan itu untuk pengembangan wawasan dan karir juga. Jangan sampai ada guru yang sejak dulu di desa sampai pensiun di desa, harus juga tambah wawasan dengan mengajar di kota," katanya.

Dalam melakukan pemindahan guru, dipertimbangkan juga dampak yang akan timbul. Wawan menyontohkan, jika seorang guru dipindahkan, harus dipastikan tidak menimbulkan masalah seperti di sekolah asal menjadi kekurangan guru.

"Pada prinsipnya, kami terus melakukan penataan dan pemerataan, jangan sampai di satu daerah kekurangan tapi di daerah lain terlalu menumpuk," tutupnya.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers