web analytics
  

Dukung AKB, Pemprov Jabar Fasilitasi Persib Gelar Swab Test

Jumat, 3 Juli 2020 18:22 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Dukung AKB, Pemprov Jabar Fasilitasi Persib Gelar Swab Test, Persib Swab Test,Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama jajaran Komisaris PT PBB. (Eneng Reni)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Jawa Barat memfasilitasi tim Persib Bandung dalam melaksanakan pemeriksaan Covid-19. Pemeriksaan dengan metode Swab atau Polymerase Chain Reaction test (PCR) ini dilaksanakan sebagai syarat tim Maung Bandung untuk menggelar latihan perdananya, Senin (6/7/2020).

Gubernur sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil meninjau langsung pelaksanaan tes Kesehatan kepada tim Persib Bandung. Ridwan Kamil menyampaikan, pemeriksaan ini menjadi salah satu langkah Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendukung aktivitas masyarakat dalam menghadapi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di tengah pandemi Covid-19.

Selain itu pemeriksaan ini, lanjut dia, untuk mendukung Persib dalam memenuhi persyaratan dari PSSI untuk menerapkan protokol kesehatan ketat jelang lanjutaj Liga 1 2020 bergulir Oktober mendatang.

"Saya memfasilitasi persiapan Persib dan pemain-pemainnya untuk memulai aktivitas normal yaitu latihan. Ini juga persyaratan dari PSSI yang mensyaratkan minimal harus ada rapid test. Di Jabar khususnya  kami merasa lebih baik tidak rapid test, tapi menggunakan swab PCR yang memang paling kuat dan paling terukur dalam mengukur swab," kata Ridwan Kamil di Graha Persib, Jumat (3/7/2020).

Ridwan berharap, pemeriksaan di tim Persib bisa selesai sebelum tim menjalani latihan perdana. Dia juga meminta, skuat Maung Bandung tetap menerapkan protokol kesehatan ketat selama tim menjalani latihan di lapangan.

"Saya titip ke tim Persib untuk menjaga protokol kesehatan juga selama proses latihan. Cuci tangan, setelah main pakai masker, jaga jarak juga, dan sebagainya. Kemudian, hati-hati pegang benda selama latihan di stadion sambil nanti proses liga oktober, masih lama," katanya.

Sosok yang karib disapa Emil itu juga menyampaikan, Persib dapat melaksanakan pemeriksaan Covid-19 susulan bagi para pemain yang belum bergabung. Saat ini, ada sejumlah pemain Persib yang belum tiba di Bandung. Di antaranya Geoffrey Castillion, Wander Luiz, Fabiano Beltrame, Supardi Nasir, Ardi Idrus, hingga Ghozali Siregar.

"Masih ada satu-dua pemain Persib yang dari luar negeri yang belum datang, itu kita lanjutkan dengan tes susulan. Tapi ini dukungan dari Pemrov Jabar agar Persib tenang, yakin melanjutkan kegiatan seperti yang sudah direncanakan," ungkapnya.

Emil menuturkan, Persib meminta difasilitasi untuk menggelar tes swab demi memastikan tim terbebas dari paparan virus corona. Persib juga meminta pemeriksaan dilakukan dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi seluruh pemain staf, dan ofisial. Metode pemeriksaan itu diyakini efektif mendeteksi kehadiran Covid-19 di tubuh salah satu pemain.

Andai menggunakan Rapid test sesuai acuan dari PSSI, Emil khawatir ada pemain yang dinyatakan reaktif covid-19 lantaran memiliki antibodi usai berhasil sembuh dari infeksi covid-19. Secara klinis, Rapid test hanya mendeteksi ada atau tidaknya antibodi di dalam tubuh. Saat ini untuk memastikan seseorang positif Covid-19, pemeriksaan swab atau PCR test menjadi standar utama.

"Dulu kan pernah ada yang terpapar satu ya, itu kalau di rapid test pasti reaktif lagi karena rapid test itu ngetes antibodi karena antibodinya sudah banyak, dan sembuh, kalau di rapid test pasti hasilnya mengatakan positif.  Kalau reaktif pada mereka yang sudah sembuh kan bukan berarti dia positif. Makanya persib meminta kepada kami dan kami setujui bentuknya swab PCR.  Doakan saja dalam hitungan satu dua hari hasilnya menyatakan kalau persib ini sudah siap kembali menendang bola di lapangan," ujarnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers