web analytics
  

Pemprov Jabar Segera Siapkan Protokol Pemotongan Hewan Kurban

Jumat, 3 Juli 2020 15:06 WIB Nur Khansa Ranawati

Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Istimewa)

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jelang Hari Raya Iduladha 2020, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan segera mempersiapkan protokol kesehatan terkait pemotongan hewan kurban.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya tengah merumuskan aturan agar kurban dapat diterapkan sesuai syariat Islam sekaligus protokol pencegahan Covid-19.

"Kita sedang merapatkan hal tersebut, nanti kita umumkan ke publik protokol pemotongan hewan kurban," ungkap Emil, sapaan Ridwan Kamil melalui konferensi pers di Gedung Pakuan yang disiarkan lewat video conference, Jumat (3/7/2020).

Emil mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus mengatur ujian masuk perguruan tinggi negeri yang akan segera dilaksanakan di Jabar. Pengumuman protokol kesehatan pemotongan hewan kurban akan diumumkan setelah hal tersebut selesai.

"Kita lagi fokus penyeleksian mahasiswa masuk ke perguruan tinggi. Setelah satu isu besar ini kita kendalikan, kemudian kita masuk ke persiapan bagaimana cara syariat berjalan tapi juga keamanan," ungkapnya.

Bagaimanapun, dia mengatakan, hewan kurban adalah makhluk hidup yang memiliki potensi sebagai carrier virus. Pembahasan mengenai protokol pemotongan hewan kurban, rencananya bakal dilakukan pada pekan depan.

"Karena makhluk hidup lah sehingga punya potensi sebagai carrier," ungkapnya.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers