web analytics
  

Diizinkan Angkut Penumpang, Pengemudi Ojol di Bandung Harus Miliki Surat Bebas Covid-19

Jumat, 3 Juli 2020 12:34 WIB

Ilustrasi (Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengizinkan ojek online untuk beroperasi mengangkut penumpang di Kota Bandung. Namun engemudi harus memiliki surat keterangan dari rumah sakit bebas dari covid-19.

Ketua Harian Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Kota Bandung, Ema Sumarna menilai pengelola ojek online terlihat sudah siap beroperasi mengangkut penumpang dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun, katanya agar penumpang lebih tenang maka pengemudi diharapkan memiliki surat keterangan bebas covid-19.

"Kita meyakini secara umum mereka sudah siap, Kami sarankan bahwa si driver ini atau mitra ini disarankan mereka ada surat keterangan, bahwa mereka itu sudah bebas dari covid-19," ujarnya di Balai Kota Bandung, Jumat (3/7/2020).

Ia mengatakan, pihak yang berwenang mengeluarkan surat tersebut yaitu lembaga kesehatan melalui tes rapid dan tes swab. Pihak pengelola aplikasi menurutnya sudah menerima saran tersebut dan akan memproses hal tersebut.

"Tadi saran kita diterima, tapi memang perlu proses perlu waktu, saya pikir semuanya itu juga perlu waktu dan proses, kita hargai juga. Hal itu supaya kalau kita pesan melalui aplikasi, kemudian terverifikasi bahwa si driver ini orang yang sudah bebas, kan jadi tenang dan nyaman," katanya.

Ia pun mengapresiasi kebijakan pengelola yang menyiapkan cek poin dan bermitra dengan tenaga kesehatan. Katanya, jika terdapat pengemudi yang terpapar bisa segera ditangani. Menurutnya, kebijakan tersebut sudah memadai dan sesuai dengan standar protokol kesehatan.

"Tinggal satu saja itu komitmen yg tadi disepakati mudah-mudahan dalam waktu dekat nanti bisa dipenuhi," katanya.

Ema melanjutkan, ojek online bisa beroperasi mengangkut penumpang pekan depan secara bertahap. Menurutnya, para pengemudi ojek online ini terlebih dahulu memastikan kondisi kesehatan mereka bebas dari covid-19.

"Ya sebagian ini (yang belum tes) jangan dulu narik penumpang," katanya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers