web analytics
  

Benarkah Pakai Masker Bahayakan Kesehatan?

Jumat, 3 Juli 2020 11:51 WIB

[Ilustrasi] Rumor bahwa masker bisa membahayakan kesehatan dibantah oleh ahli. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM Masker dinilai bisa mengurangi risiko terjangkit virus corona Covid-19. Namun, apakah memakai masker juga berisiko membahayakan kesehatan?

Melansir laporan The Associated Press, Kamis (2/7/2020), menggunakan masker tak menimbulkan risiko kesehatan bagi kebanyakan orang. Namun berbeda hal dengan bayi maupun balita yang bisa membuat mereka mati lemas. Hal sama berlaku untuk siapa saja yang tak bisa melepas maskernya tanpa bantuan orang lain.

Selain pengecualian di atas, kata ahli, semua orang bisa menggunakan masker dan tak akan menimbulkan risiko kesehatan. Hal ini perlu ditekankan lantaran adanya rumor-rumor yang menyatakan sebaliknya.

Sebagaimana diketahui, virus corona menyebar lewat tetesan (droplet) yang dikeluarkan seseorang, misalnya, ketika berbicara, tertawa, bernyanyi, batuk, dan bersin. Masker berfungsi menurunkan kemungkinan tetesan itu mencapai orang lain.

Benjamin Neuman, profesor biologi di Texas A&M University-Texarkana, mengatakan, penggunaan masker saat udara lembap memang akan membuat sulit bernapas. Kendati demikian, lanjut dia, masker tak akan mengurangi kadar oksigen dalam tubuh secara signifikan.

"Tubuh cukup baik dalam menyesuaikan kadar oksigen agar tetap pada level yang seharusnya," kata Neuman.

Davidson Hamer, ahli penyakit menular di Universitas Boston, mengatakan, tidak ada bukti bahwa penggunaan masker menyebabkan infeksi jamur atau bakteri. Namun, dia mengingatkan agar hanya menggunakan sekali saja untuk masker sekali pakai. Sedangkan untuk masker kain, rutinlah mencucinya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers