web analytics
  

Cegah Corona, Ini Daftar Benda di Kantor yang Harus Dibersihkan!

Jumat, 3 Juli 2020 11:46 WIB

[Ilustrasi] Kantor. (Freepik)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Agar terhindar dari virus corona penyebab Covid-19 meski tetap bekerja di kantor, ada sejumlah barang yang harus rutin dibersihkan.

Di area perkantoran, ada cukup banyak permukaan benda yang berpotensi terkontaminasi oleh droplet penderita Covid-19 dan menjadi sumber penularan. Beberapa di antaranya benda yang paling sering disentuh, seperti tombol lift, keyboard komputer, serta meja kerja.

Selain menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan rajin mencuci tangan, melakukan disinfeksi secara rutin di area tempat kerja juga penting dilakukan. Meski ada petugas kebersihan yang bertugas, pegawai kantor juga berkewajiban menjaga kebersihan area kerjanya sendiri.

Area yang dibersihkan petugas kebersihan

Petugas kebersihan perlu mencakup semua area yang paling sering disentuh, seperti lantai, kenop pintu, toilet, meja kerja, komputer, remote, keyboard komputer, dan telepon. Area-area ini bisa dilap dengan menggunakan natrium klorit atau bahan aktif lain yang aman.

Setelah dilap, area-area tersebut perlu disemprot dengan cairan disinfeksi. Karena semprotan ini membuat basah, pastikan berbagai benda yang tak tahan air disimpan di dalam laci penyimpanan.

"Dokumen, label memo, stick on, kartu nama, dan kalender yang ditinggalkan di atas meja bisa basah, jadi saya menyarankan simpan benda-benda ini (di dalam laci meja)," kata managing director dari perusahaan jasa pembersihan Dream Sparkle Johnson Zhuo, seperti dilansir CNA Lifestyle.

Area yang bisa dibersihkan pegawai

Meski sudah ada petugas kebersihan yang melakukan disinfeksi area perkantoran, pegawai diharapkan tetap menjaga kebersihan area kerja pribadi.

Para petugas kebersihan mungkin bisa menangani mikroorganisme melalui upaya disinfeksi. Akan tetapi, debu, noda, hingga sisa makanan mungkin masih tertinggal di meja kerja.

Biasakan membersihkan area meja kerja dengan tisu antibakteri yang mengandung 70% alkohol atau gunakan cairan klorin untuk membunuh kuman. Zhuo merekomendasikan cairan pembersih yang mengandung potasium hidroksida karena lebih lembut untuk kulit dan tidak merusak atau menodai perangkat kerja seperti meja.

Daftar barang yang perlu dibersihkan secara mandiri

Ada sejumlah area yang tetap perlu dibersihkan sendiri oleh pegawai kantoran. Pembersihan ini bisa dimulai dengan mengelap tombol-tombol keyboard komputer atau laptop dengan cairan pembersih. Setelah itu, lanjutkan pengelapan ke mouse, telepon kantor, layar komputer, sandaran tangan bangku, dan bagian atas bangku yang biasanya sering disentuh ketika ingin memindahkan bangku.

Berbagai benda lain yang dirasa sering disentuh juga perlu dibersihkan. Misalnya alat tulis yang kerap dipinjam oleh rekan kerja.

Berbagai benda atau objek yang sering disentuh dengan tangan atau didekatkan ke hidung dan mulut, seperti telepon, perlu didisinfeksi setidaknya tiga kali sehari. Disinfeksi dilakukan saat pagi, siang, dan sesaat sebelum pulang kerja.

Untuk gelas kantor, Zhou menyarankan agar gelas yang akan dipakai dicuci terlebih dahulu. Setelah itu, panaskan gelas kosong tersebut ke dalam microwave selama kurang dari satu menit. Sebelum digunakan, microwave juga sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu selama kurang dari satu menit.

Zhuo mengingatkan bahwa spons cuci piring bisa menjadi sarang untuk bakteri dan virus. Oleh karena itu, spons cuci piring di kantor perlu diganti setiap tiga atau empat pekan. Spons cuci piring juga sebaiknya direndam di air panas selama selama satu menit secara rutin.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers