web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Video Ngaji Ustaz Evie Effendie Belepotan, Ini Komentar MUI

Kamis, 2 Juli 2020 21:28 WIB

Ustaz Evie Effendie (Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara mengenai viralnya video ngaji Ustaz Evie Effendie yang dinilai belum menguasai ilmu bacaan Alquran. Tak sedikit masyarakat yang meminta MUI mengundang Evie Effendie untuk berdialog memperjelas persoalan tersebut.

Sekretaris MUI wilayah Jawa Barat, Rafani Achyar mengaku telah menerima banyak permintaan dari masyarakat untuk mengundang Ustaz Evie Effendei ke MUI untuk berdialog.

Rafani mengatakan bahwa pihaknya masih mempertimbangkan keputusan tersebut. "Ini juga memang sudah ada yang meminta dipanggil dari MUI, kami sedang mempertimbangkan nanti apakah mau diundang lagi ke sini," ujarnya, Kamis (2/7/2020).

Publik menilai Evie banyak melakukan kesalahan dalam membaca Alquran, mulai dari tajwid yang keliru hingga pemenggalan ayat yang terkesan asal-asalan.

Hal ini pun membuat warganet khawatir dengan kualitas ceramah sang pendakwah. Evie sendiri sebelumnya sudah pernah dipanggil ke MUI lantaran dakwahnya yang menyebut Nabi Muhammad SAW pernah sesat.

Rafani menjelaskan lebih lanjut bahwa MUI pernah memberi Evie sebuah fatwa tentang kerangka berpikir dalam beragama. Pihaknya juga memberikan wejangan tentang keutamaan sikap saling menghormati dan toleransi dalam beragama.

"Para dai harus mengembangkan dan memberikan pemahaman kepada umat itu agar dalam menghadapi soal ini (perbedaan) kita harus saling menghormati dan menghargai. Jangan sampai bisa menimbulkan perpecahan atau bisa menimbulkan ketersinggungan pihak lain," tutur Rafani mewakili MUI.

Tak hanya membuat warganet geram, dakwah Evie Effendie yang menghina Nabi sesat juga telah membuat para tokoh agam Islam lainnya ikut buka suara, mulai dari Habib Hasan, Ustaz Abdul Somad, hingga Habib Bahar bin Smith. Ia juga nyaris diperkarakan ke kepolisian lantaran hal ini.

Putri pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Kiai Haji Ahmad Mustofa Bisri alias Gus Mus, Ienas Tsuroiya juga angkat bicara mengenai video ngaji Evie Effendi yang viral.

Ienas mengaku sedih menyaksikan bacaan Alquran Ustaz Evie di video tersebut. Menurutnya, pria yang dikenal sebagai ustaz gaul itu belum sepenuhnya mengerti ilmu bacaan Alquran.

"Kok sedih ya ngelihat ini.. Jika bacaan Quran belum fasih, belum paham betul ilmunya (makhraj, tajwid, waqaf--ngga boleh berhenti seenaknya), mbokya jangan kepedean membimbing jamaah, atuh.. Kan jadinya keliru semua.." cuit @tsuroiya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers