web analytics
  

8 Daerah Zona Biru Covid-19 di Jabar Merosot ke Zona Kuning

Kamis, 2 Juli 2020 13:30 WIB Nur Khansa Ranawati
Umum - Nasional, 8 Daerah Zona Biru Covid-19 di Jabar Merosot ke Zona Kuning, Zona Kuning,Zona Biru,Corona,COVID-19,Kota Bandung

Ilustrasi (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 8 kabupaten/kota di Jawa Barat beralih status level kewaspadaan dari zona biru ke zona kuning terkait Covid-19. Hal tersebut menunjukkan meningkatnya kerentanan daerah-daerah tersebut terhadap paparan Covid-19.

Ketua Divisi Perencanaan, Riset, dan Epidemiologi Gugus Tugas Covid-19 Jabar Taufik Budi Santoso menyampaikan, selain kedelapan daerah yang turun zona, ada pula daerah yang naik ke zona biru dari zona kuning.

"Zona biru ke kuning ada Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Subang, Kota Cimahi, dan Kota Cirebon," ungkapnya ketika dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (2/7/2020).

Adapun 2 wilayah yang beralih dari zona kuning ke zona biru adalah Kabupaten Sukabumi dan Kota Bandung. Sementara itu, daerah yang telah berada di zona hijau hingga saat ini masih satu, yakni Kota Sukabumi.

"Daerah yang kuning ke biru ada Kabupaten Sukabumi dan Kota Bandung," ungkapnya.

Dengan demikian, dari 27 kabupaen/kota di Jabar tercatat ada 1 wilayah di zona hijau, 10 di zona biru, dan 16 di zona kuning. Level kewaspadaan tersebut ditentukan melalui 9 indikator yang telah dirumuskan tim Gugus Tugas Covid-19 Jabar.

Adapun 10 wilayah di Jabar yang kini berada di zona biru yakni Kabupaten Cianjur, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Banjar, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sukabumi, dan Kota Bandung.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers