web analytics
  

Jangan Konsumsi 7 Makanan dan Minuman Ini saat Perut Kosong!

Kamis, 2 Juli 2020 13:27 WIB

Kopi. (Christoph/Pixabay )

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Sejumlah makanan akan berefek buruk terhadap kesehatan jika dikonsumsi saat perut kosong.

Berikut ini makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat perut keroncongan seperti diungkap Konsultan Ahli Gizi Rupali Datta, mengutip dari NDTV Food, (1/7/2020).

1. Makanan pedas

Mengonsumi makanan sarat dengan rempah-rempah dan cabai saat perut kosong bisa mengiritasi lapisan perut yang akhirnya menyebabkan reaksi asam dan kram perut. Makanan pedas bisa menganggu pencernaan.

2. Makanan atau minuman manis

Meskipun kita diberitahu memulai hari dengan segelas jus adalah sesuatu yang baik, ternyata tindakan ini bisa menambah beban pankreas yang masih bekerja selama berjam-jam.

Saat perut kosong, gula fruktosa dalam buah bisa membebankan hati. Bahkan ini diperparah jika ditambah gula olahan, jadi hindari sarapan mengonsumsi smoothie yang terlampau manis.

3. Minuman dan makanan asam

Dalam keadaan perut kosong, asam karbonat bercampur dengan asam lambung bisa menghasilkan gas atau rasa mual. Ini karena perut mengeluarkan asam untuk mengolah makanan. Nah, jika tidak ada makanan masuk, tapi hanya ada zat asam yang masuk ke saluran cerna bisa menimbulkan kram dan rasa sakit.

4. Minuman dingin

Minuman dingin bisa merusak selaput lendir dan membuat pencernaan jadi melambat sepanjang hari saat diminum dalam keadaan perut kosong. Di sisi lain minuman hangat bisa membantu sistem metabolisme tubuh.

5. Buah jeruk

Mengonsumsi jeruk dalam keadaan perut kosong bisa meningkatkan produksi asam lambung. Ditambah kandungan serat dan fruktosa pada buah-buahan juga bisa memperlambat sistem pencernaan jika pencernaan kosong. Sebaiknya, hindarilah memakan buah-buahan dengan banyak serat seperti jambu dan jeruk saat pagi.

6. Sayuran mentah

Makanan satu ini jadi konsumsi wajib mereka yang sedang berdiet, dan percaya bahwa salad itu boleh dimakan kapanpun. Padahal sayuran mentah atau salad bukan pilihan terbaik untuk dimakan saat perut kosong.

Ini karena sayuran mentah kaya dengan serat kasar yang bisa menambah beban saat perut kosong. Sayuran mentah juga bisa menyebabkan perut kembung dan sakit perut saat dimakan dengan perut kosong.

7. Kopi

Memulai hari dengan secangkir kopi adalah kebiasaan yang paling sering ditemui. Namun, minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa menyebabkan keasaman.

Hal ini karena kopi bisa merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan yang menyebabkan gastritis pada beberapa orang jika dikonsumsi saat perut kosong.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers