web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Mantan Pjs Wali Kota Bandung Meninggal, Oded Ajak ASN Salat Gaib

Kamis, 2 Juli 2020 13:08 WIB Nur Khansa Ranawati

Mantan Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhammad Solihin. (Humas Setda Kota Bandung)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Oded M Danial mengajak ASN Kota Bandung untuk Salat Gaib untuk mendoakan mantan Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhammad Solihin.

Muhammad Solihin meninggal pada Rabu (1/7/2020) pukul 18:45 WIB di Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung karena sakit.

Oded pun menyampaikan belasungkawa atas berpulangnya Muhammad Solihin.

“Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Semoga almarhum husnul khatimah, diterima amal Islamnya, ditempatkan yang layak di sisi-Nya, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ujar Oded, Kamis (2/7/2020).

Oded menilai Solihin sebagai sosok yang sangat ramah dan rendah hati. Dia pernah memimpin Kota Bandung ketika pejabat definitif saat itu melaksanakan cuti kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Sementara itu, jabatan terakhir yang diembannya adalah sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat.

"Kami semua kehilangan beliau," tuturnya.

Oded mengatakan, untuk pelaksanaan salat gaib dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Pada hari ini secara pribadi maupun berjemaah kita salat gaib untuk mendoakan almarhum. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan secara baik," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung Sony Teguh Prasatya mengungkapkan, Solihin menjabat sebagai Pjs Wali Kota Bandung selama 130 hari, mulai tanggal 14 Februari sampai 23 Juni 2018.

Kendati hanya menjabat dalam waktu singkat, Solihin telah meninggalkan kesan yang sangat mendalam di hati para ASN Pemkot Bandung. Dia dikenal sangat dekat dengan para staf, terutama yang setiap hari berinteraksi dengannya.

“Beliau adalah sosok yang sangat sangat baik. Ia seperti ayah bagi kami semua. Maka ketika mendengar kabar duka itu kami semua sangat kehilangan,” ungkap Sony.

Pria yang mangkat pada usia 57 tahun itu meninggalkan istri dan dua orang anak. Solihin juga sempat menjabat sebagai Inspektur Provinsi Jawa Barat.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers