web analytics
  

Masa Berlaku SIM Tak Akan Sesuai Tanggal Lahir Lagi

Kamis, 2 Juli 2020 11:31 WIB M. Naufal Hafizh

Layanan SIM Keliling (Ayobandung.com/Kavin)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Masa berlaku SIM tidak akan sesuai dengan tanggal lahir lagi, melainkan mengacu pada tanggal SIM itu dibuat.

Kebijakan mengenai masa berlaku SIM (Surat Izin Mengemudi) di Smart SIM tersebut dibuat Korlantas Mabes Polri. Setelah diresmikan pada 22 September 2019, Korlantas langsung mengubah masa berlaku Smart SIM.

Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi, Pasal 41 ayat (3) dituliskan bahwa data jangka waktu berlakunya SIM sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b angka 2, harus sesuai dengan tanggal dan bulan kelahiran calon Pengemudi.

Kemudian, pada ayat (4) disebutkan, tanggal, bulan, dan tahun penerbitan SIM sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b angka 3 ditetapkan sebagai saat mulai berlakunya SIM.

Namun dimulainya masa berlaku Smart SIM berbeda, bukan dari tanggal lahir, tapi dari tanggal pembuatan SIM. Meski begitu, masa berlaku Smart SIM tetap sama, yakni 5 tahun.

Contohnya, pengemudi yang membuat Smart SIM pada 5 Januari 2020, masa berlakunya dimulai pada tanggal 5 Januari 2020 dan berakhirnya 5 tahun kemudian atau 5 Januari 2020.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers