web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Nilai Tukar Rupiah Terpantau Makin Loyo

Kamis, 2 Juli 2020 11:06 WIB

Rupiah (suara.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini Kamis (2/7/2020) makin loyo. Mengutip Bank Indonesia (BI) kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor nilai tukar rupiah keok 175 poin ke level Rp 14.516 dari posisi sebelumnya dilevel Rp 14.341. 

Sedangkan data Bloomberg, Bloomberg, rupiah melemah 42,5 poin atau setara menjadi Rp 14.325 per dolar AS dibandingkan pembukaan perdagangan di level Rp 14.293 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, melemahnya pergerakan rupiah pada hari ini disebabkan sentimen negatif makin banyaknya kasus baru penambahan virus corona atau Covid-19.

Selain kekhawatiran pasar dengan terus meningginya kasus COVID-19 di dunia dan potensi gelombang kedua pandemi, pasar juga mendapatkan sentimen negatif baru dari disetujuinya UU pemberian sanksi bagi perbankan AS yang berbisnis dengan pejabat China yang menerapkan UU keamanan Hong Kong.

"Ini artinya UU sanksi ini sudah disetujui oleh dua partai yang saling beroposisi di AS. UU sanksi ini dikhawatirkan merembet ke urusan dagang kedua negara, AS dan China," ujar Ariston.

Ia menambahkan, notulen rapat bank sentral AS The Fed yang dirilis dini hari tadi juga memberikan indikasi kondisi ekonomi yang masih dalam tekanan untuk jangka waktu yang lama Covid-19.

"Rupiah mungkin bisa menguat tipis hari ini setelah beberapa hari ini dalam tekanan," katanya.

 

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers