web analytics
  

5 Manfaat Konsumsi Kecipir Untuk Kesehatan

Rabu, 1 Juli 2020 23:01 WIB

Kecipir (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kecipir adalah sayuran yang juga biasa disebut kacang empat sudut atau kacang mauritius. Tanaman ini berasal dari Papua, yang tumbuh meluas di Filipina, Indonesia, India hingga Thailand. Tapi tahukah Anda kalau manfaat kecipir sangat baik untuk kesehatan tubuh?

Tanaman ini sering dikonsumsi sebagai makanan pendamping yang menawarkan banyak nutrisi, termasuk protein, karbohidrat kompleks, vitamin B dan kalsium.

Mengonsumsi 82 gram kecipir menawarkan 5.242 mg tembaga, 24,46 mg besi, 6.772 mg mangan, 1.875, vitamin B1 47,1 g total serat makanan, 821 mg fosfor dan 53,96 gram protein.

Selain kecipirnya sendiri, bagian daun, akar, batang dan bunganya bisa dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi.

Nutrisi ini termasuk protein, mineral dan vitamin yang menyehatkan tubuh dan bermanfaat untuk kecantikan. Berikut ini dilansir dari healthbenefitstimes.com, manfaat kesehatan dari kecipir.

1. Membantu mencegah penuaan dini

Kecipir terdiri dari sejumlah besar tembaga yang merupakan antioksidan kuat, lalu bekerja sebagai enzim antioksidan superoksida dismutase untuk melindungi membran sel dari radikal bebas.

Superoksida dismutase adalah salah satu antioksidan kuat yang bekerja di dalam tubuh dalam memerangi radikal bebas.

Karena kandungan tembaga yang tinggi itulah makan kecipir bisa membuat Anda terlihat lebih muda.

2. Mengurangi sakit kepala dan migrain

Penelitian telah menemukan bahwa pengurangan triptofan memperburuk rasa sakit yang terkait dengan sakit kepala tegang dan migrain. Selain itu, itu juga menyebabkan mual dan masalah tidur serius yang sering dialami orang migrain.

Satu penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Psikologi Universitas Murdoch di Australia menemukan bahwa 5 higga 8 jam setelah mengonsumsi minuman 19 jenis asam amino yang berbeda, termasuk triptofan, gejala migrain berkurang drastis. Jadi, sertakan makanan kaya triptofa seperti kacang untuk mengurangi sakit kepala.

3. Memastikan kehamilan sehat

Biasanay dokter merekomendasikan wanita hamil untuk meningkatkan asupan zat besi dari sumber makanan atau suplemen. Basis data Cochrane dari Systematic Reviews melaporkan bahwa suplementasi zat besi prenatal membantu menurunkan risiko berat badan lahir rendah dan menghindari anemia ibu selama kehamilan.

Wanita hamil harus mengonsumsi 27 miligram zat besi sehari. Kecipir sendiri terdiri dari 24,46 mg zat besi yang merupakan 305,75 persen dari jumlah yang direkomendasikan setiap hari.

4. Mencegah masalah penglihatan

Penelitian telah membuktikan bahwa tiamin bisa membantu mencegah masalah penglihatan, seperti katarak dan glaukoma. Karena, tiamin mampu untuk memengaruhi pensinyalan saraf dan otot, yang penting dalam menyampaikan informasi dari mata ke otak.

Kecipir adalah salah satu sumber vitamin B1 terbaik, karena memiliki 1.875 mg vitamin B1 yang merupakan 156,25% dari jumlah yang direkomendasikan.

5. Menurunkan berat badan

Selain membantu pencernaan, serat dalam kecipir juga menambah jumlah besar dalam makanan Anda. Hal itulah yang menjadi faktor kunci dalam menurunkan dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Karena, serat bisa bertahan di perut lebih lama dari makanan lain. Rasa kenyang itulah yang akan membantu Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi
dewanpers