web analytics
  

Virus Corona Bisa Serang Sel Jantung Saat Uji Coba Lab

Rabu, 1 Juli 2020 15:26 WIB Regi Yanuar

[Ilustrasi] Virus corona penyebab Covid-19. (PIRO4D/Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Sebuah penelitian terbaru menunjukkan SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19 (coronavirus), dapat menginfeksi sel-sel jantung dalam cawan laboratorium.

Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa mungkin sel-sel jantung pada pasien Covid-19 secara langsung terinfeksi oleh virus. Penemuan yang dipublikasikan hari ini di jurnal Cell Reports Medicine, dibuat menggunakan sel otot jantung yang diproduksi oleh teknologi sel induk.

Dilansir dari Medical Xpress, meskipun banyak pasien Covid-19 mengalami masalah jantung, alasannya tidak sepenuhnya jelas. Kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya atau peradangan dan kekurangan oksigen yang dihasilkan dari infeksi semuanya telah terlibat.

Tetapi sampai sekarang, hanya ada bukti terbatas bahwa virus SARS-CoV-2 secara langsung menginfeksi sel-sel otot individu jantung.

"Kami tidak hanya menemukan bahwa sel-sel jantung yang diturunkan sel induk ini rentan terhadap infeksi oleh coronavirus baru, tetapi bahwa virus itu juga dapat dengan cepat membelah diri dalam sel-sel otot jantung," kata Arun Sharma, Ph.D., seorang peneliti di Cedars-Sinai Dewan Gubernur Regenerative Medicine Institute dan penulis studi pertama dan yang berkorespondensi.

"Yang lebih signifikan, sel-sel jantung yang terinfeksi menunjukkan perubahan dalam kemampuan mereka untuk mengalahkan setelah 72 jam infeksi."

Studi ini juga menunjukkan bahwa sel-sel jantung yang diturunkan sel induk manusia yang terinfeksi oleh SARS-CoV-2 mengubah profil ekspresi gen mereka.

Temuan ini lebih lanjut mengkonfirmasi bahwa sel-sel dapat secara aktif terinfeksi oleh virus dan mengaktifkan "mekanisme pertahanan" seluler bawaan dalam upaya untuk membantu bersihkan virusnya.

Meskipun temuan ini bukan tiruan sempurna dari apa yang terjadi dalam tubuh manusia, pengetahuan ini dapat membantu para peneliti.

Terutama dalam menggunakan sel-sel jantung yang diturunkan sel induk sebagai platform penyaringan untuk mengidentifikasi senyawa antivirus baru yang dapat mengurangi infeksi virus pada jantung, menurut para senior. dan co-koresponden penulis Clive Svendsen, Ph.D ..

"Pandemi virus ini sebagian besar ditentukan oleh gejala pernapasan, tetapi ada juga komplikasi jantung, termasuk aritmia, gagal jantung, dan miokarditis virus," kata Svendsen, direktur Regenerative Medicine Institute dan profesor Biomedical Sciences and Medicine.

"Walaupun ini bisa menjadi hasil dari peradangan masif sebagai respons terhadap virus, data kami menunjukkan bahwa jantung juga dapat secara langsung dipengaruhi oleh virus pada Covid-19.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers