web analytics
  
Banner Kemerdekaan

2 Pengunjung Toserba di Indramayu Terkonfirmasi Covid-19

Rabu, 1 Juli 2020 16:52 WIB Erika Lia

Ilustrasi (Pixabay)

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM--Dua pengunjung toko serba ada (toserba) di Kabupaten Indramayu terkonfirmasi Covid-19 usai uji swab massal, yang digelar otoritas penanganan Covid-19 setempat pekan lalu.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara menyebutkan, kedua pasien positif masing-masing seorang pria berusia 56 tahun dan seorang perempuan berusia 16 tahun.

"Mereka warga Kabupaten Indramayu," ujar Deden yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu ini, Rabu (1/7/2020).

Keduanya terkonfirmasi positif setelah hasil uji swab massal di toserba itu diterima pihaknya dari laboratorium RS Pelabuhan Cirebon, Senin (29/6/2020) malam.

Dia menjelaskan, saat situasi normal, hasil uji swab di RS Pelabuhan sudah dapat diketahui 1-2 hari. Namun, saat ini terjadi kelebihan beban pada laboratorium bersangkutan sehingga hasil uji swab baru diketahui sepekan kemudian.

"Kalau normal, 1-2 hari (hasil diketahui) dari RS Pelabuhan. Ini karena overload 1.393 sampel," terangnya.

Dia memastikan, kedua pasien kini telah berada di ruang isolasi RSUD Indramayu. Pihaknya pun menindaklanjuti hasil itu dengan penelusuran terhadap kontak erat setiap pasien.

Selain itu, karyawan toserba yang bekerja saat itu pun menjalani uji swab. Toserba bersangkutan sendiri disemprot cairan disinfektan selama 12 jam.

"Kalau (hasil uji swab terhadap karyawan toserba) positif, baru (toserba) ditutup," cetusnya.

Menurutnya, pengunjung yang positif itu terpapar dari pengunjung lain yang tanpa gejala (OTG). Deden mengungkapkan, WHO sudah merilis sebenarnya penderita Covid-19 adalah OTG.

Karenanya, pihaknya akan melakukan pemeriksaan masif untuk mengetahui penyebaran virus dan bisa segera mengisolasi pasien.

Sementara itu, hasil uji swab massal di sejumlah lokasi keramaian di Kabupaten Indramayu, seperti Islamic Center, Pasar Haurgeulis, Pasar/Terminal Patrol, dan TPI Karangsong, dipastikannya negatif.

Sejauh ini, total kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Indramayu mencapai 36 pasien dengan rincian 4 pasien meninggal dunia, 14 pasien masih dalam pengawasan, dan 18 pasien sembuh.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers